New Normal 15 Kabupaten/Kota Di Sumut, Ini Daftarnya

Ilustrasi New Normal (Foto: Net)

| Sebagai tindak lanjut keputusan New Normal (Kenormalan Baru), Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 memberi kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota berstatus zona hijau untuk menerapkan hal tersebut.

“Gugus Tugas Pusat Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan kewenangan kepada 102 Pemerintah Kabupaten/Kota yang pada saat ini berada atau dinyatakan dalam zona hijau, untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman COVID-19,” demikian bunyi keterangan resmi BNPB melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia, Minggu (31/5/2020).

Pemberian wewenang melaksanakan New Normal tersebut, terang BPNB, berdasarkan rekomendasi Tim Pakar.

“Ke-102 Kabupaten Kota tersebut merupakan rekomendasi dari tim pakar melalui berbagai pendekatan. Pendekatan yang dipakai adalah berdasarkan kriteria epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO),” bunyi cuitan lanjutan akun resmi BPNB tersebut.

Sementara itu, dari 102 Kabupaten/Kota yang masuk daftar BPNB, ada 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara yang masuk kategori Zona Hijau sehingga boleh menerapkan New Normal, yakni:

  1. Nias Barat
  2. Pakpak Barat
  3. Samosir
  4. Tapanuli Tengah
  5. Nias
  6. Padang Lawas Utara
  7. Labuhan Batu Selatan
  8. Kota Sibolga
  9. Tapanuli Selatan
  10. Humbang Hasundutan
  11. Nias Utara
  12. Mandailing Natal
  13. Padang Lawas
  14. Kota Gunungsitoli
  15. Nias Selatan