Panen Perdana, TP-PKK Kota Tanjungbalai Bagikan Sayur Organik Ke Kaum Dhuafa

Seorang nenek tertawa bahagia menerima kunjungan TP-PKK Kota Tanjungbalai di rumahnya, Rabu (1/4/2020), (Foto: TP-PKK Kota Tanjungbalai)

| Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai (Sumut), Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial akrab Bu Vita, melakukan aksi sosial membagikan sayuran organik ke kaum dhuafa (ekonomi lemah).

Sayuran organik yang dibagikan adalah hasil panen perdana Kebun Percontohan Hidroponik yang berada di Jalan PT Timur Jaya Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.

“Nah, ini adalah panen pertama. Saat panen ini, bersamaan adanya pandemi COVID-19 sehingga kami ingin hasil panen ini dan sembako dibagikan membantu kaum dhuafa,” ujar Bu Vita, Rabu (1/4/2020).

Pembagian sayur organik ini dilakukan terpisah, merata di 6 Kecamatan di Kota Tanjungbalai.

“Untuk panen perdana dari kebun percontohan ini, kita berhasil memanen 73 pot lobang. Cukup untuk kita bagikan ke 30 rumah tangga di 6 Kecamatan. Ada 3 jenis sayuran, pakcoy, kailan dan kangkung,” imbuh Bu Vita.

Ketua TP-PKK Tanjungbalai, Bu Vita (baju batik kuning) saat membagikan sayur organik, Rabu (1/4/2020) (Foto: TP-PKK Kota Tanjungbalai)

Ke depan, harap Bu Vita, kebun hidroponik bisa dikembangkan di kota Tanjungbalai.

“Kita (TP-PKK) sedang menginspirasi masyarakat, terutama kalangan milenial Tanjungbalai untuk mulai belajar mengembangkan kebun hidroponik. Biayanya minim, lahan bisa dipakai pekarangan rumah, tak perlu luas. Hasil panennya, bisa dikonsumsi keluarga. Syukur, bisa menambah pendapatan ekonomi,” ujarnya.

Bi Vita pun berharap, kunjungan sekaligus pembagian sayur organik ini juga bisa memotivasi pihak lain melakukan aksi sosial sama.

“Harapan terbesar saya juga aksi yang dilakukan ini, bisa menular ke yang lain dan menjadi gerakan bersama untuk saling menolong. Mudah-mudahan kedatangan saya ini bisa menghibur masyarakat agar betah di rumah aja,” pungkasnya.

Tim TP-PKK Kota Tanjungbalai mempersiapkan sayur organik yang akan dibagikan, Rabu (1/2/2020) (Foto: TP-PKK Kota Tanjungbalai)tanj

Perlu diketahui, Kebun Percontohan Hidroponik di Jalan PT Timur Jaya Teluk Nibung Kota Tanjungbalai adalah Program Lanjutan TP-PKK Kota Tanjungbalai yang merupakan gagasan kalangan milenial Tanjungbalai, Ari dan Adlin.

Kebun Percontohan ini juga sempat dikunjungi dan Forkopimda Kota Tanjungbalai, (10/3/2020). Bahkan Walikota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Danlanal, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri dan Kepala Bea Cukai Kota Tanjungbalai sempat melakukan penanaman di Kebun Percontohan ini.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk menjadikan anak muda dan siapa saja yang ingin mandiri dan kreatif serta alat perjuangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Tanjungbalai,” ujar Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, saat kunjungan, Selasa (10/3/2020). (tb)