Partai Demokrat Akan Dorong Terbentuknya Pansus Jiwasraya Gate

Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief (Foto: Net)

Jakarta, TataBerita | Partai Demokrat akan dorong terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya Gate di DPR RI. Hal ini dikatakan Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief, melalui akun twitter pribadi @AndiArief, Senin pagi (30/12/2019). Seperti diketahui, Pansus adalah alat kelengkapan DPR dalam rangka fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan lembaga legislatif.

“Partai Demokrat akan mendorong terbentuknya Pansus Jiwasrayagate. Dengan harapan bisa terurai persoalan sesungguhnya dan mendapatkan jalan keluar pembayaran para Nasabah. BUKAN untuk menjatuhkan Presiden Jokowi,” cuit Arief dalam akunnya.

Seperti banyak diberitakan, BUMN PT Jiwasraya (persero) mengalami masalah tekanan likuiditas. PT Jiwasraya berinvestasi pada sebagian besar aset berisiko tinggi  untuk mengejar keuntungan yang tinggi.

Ternyata, sebagian besar dana investasi itu ditaruh pada saham, reksa dana dan manajer investasi berkinerja buruk. Akibatnya, Jiwasraya malah merugi dan gagal bayar klaim polis yang jatuh tempo untuk periode Oktober-Desember 2019 senilai Rp12,4 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri menduga ada kasus kriminal terkait PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sri Mulyani mengajak pihak Kepolisian RI, Kejaksaan Agung (Kejagung), hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Jiwasraya.

“Kami menenggarai kalau di situ ada hal-hal yang sifatnya kriminal, maka kami akan minta aparat penegak hukum untuk melakukan penanganannya sesuai dengan perundang-undangan,” ujar Sri Mulyani di DPR, Jakarta, seperti dilansir dari wartaekonomi (30/12/2019).

Kejaksaan Agung, seperti diketahui, telah mencekal 10 orang yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus PT Jiwasraya. Jaksa Agung, Burhanuddin, masing enggan mengungkap ada tidaknya unsur pejabat PT Jiwasraya dari 10 orang yang dicekal. Ia menuturkan proses pengembangan kasus masih terus dilakukan. (tb/we)