Pasca Kebakaran Rutan Kabanjahe, Kapolda Sumut: Motivasi Warga Binaan, Apresiasi TNI dan Janji Bertindak Tegas

Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, beri arahan pada warga binaan Rutan Kabanjahe, di laman Mapolres Karo, Jl Veteran Kabanjahe, Rabu (12/2/2020) (Foto: Polda Sumut)

| Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, langsung turun lakukan pengecekan pasca kericuhan dan kebakaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (12/2/2020). Dalam kesempatan ini, Kapolda memberi motivasi kepada warga binaan Rutan Kelas II B Kabanjahe yang berhasil dievakuasi.

“Masuk penjara bukanlah akhir dari segala-galanya jika dijalani dengan ikhlas. Ada keluarga dan saudara yang menunggu kamu untuk pulang karena sebagai manusia kamu tidak akan mungkin bisa hidup sendiri,” ujar Martuani.

Dalam kesempatan sama, Martuani juga mengucapkan terima kasih kepada personil TNI Batalyon Infanteri 125 Simbisa dan Komando Daerah Militer 0205 Tanah Karo yang ikut turun mengamankan membantu personil kepolisian di lokasi kejadian.

“Terima kasih kepada personil TNI yang telah membantu melakukan tindakan back up terhadap Polres Tanah Karo sehingga penanganan kericuhan dan evakuasi dapat segera dilakukan,” ucapnya.

Kapolda pun menegaskan akan tindak tegas sindikat provokator kejadian ini dan mengingatkan para warga binaan agar tidak lagi menggunakan narkoba serta kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Dari hasil pengecekan, ada 3 Kamar yang masih dapat digunakan. Tidak ada korban jiwa dan sebagian warga binaan akan dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) di Medan, Sidikalang, Binjai dan Humbahas. (tb)