Pasca Penetapan UNESCO: Bersama Masyarakat, Aktivasi Kegiatan Bertema Geopark Kaldera Toba

Brosur Diskusi Publik "Toba Caldera UNESCO Global Geopark: Aspek Historis, Pencapaian, Tantangan & Harapan), 15.00-17.00 WIB, Jumat (17/7/2020)

| Pasca penetapan Kaldera Toba sebagai Global Geopark (Taman Bumi Dunia-red) oleh Badan Dunia UNESCO saat sidang di Paris, Selasa (7/7/2020), para tokoh inisiator penggagas awal Geopark Kaldera Toba berharap ini menjadi jalan pelestarian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan bersama bergandengan tangan mengelola kawasan Kaldera Toba.

“Status UNESCO Global Geopark (UGG) ini menjadi jalan bagi kita untuk memperkuat keinginan melestarikan kawasan Danau Toba. Bergandengan tangan, masyarakat dan UN (United Nation/PBB-red),” ujar Geolog sekaligus Wakil GM Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BP-GKT) Ir Gagarin Sembiring kepada TataBerita, di Medan, Kamis (16/7/2020) malam.

Hal senada, disampaikan Sekretaris Forum Sisingamangaraja XII, dr Jhon Robert Simanjuntak, mengenai pentingnya sinergi bersama masyarakat kawasan Kaldera Toba untuk mencapai kesejahteraan bersama.

“Dengan diterimanya Toba Caldera sebagai bagian jaringan global UNESCO, langkah kita menuju masyarakat sejahtera di dataran tinggi semakin terbuka. Jalan ini, kita buka bersama-sama masyarakat,” terang Robert.

Sementara itu, akademisi sekaligus penggiat Jendela Toba Irwansyah Harahap, menekankan, pasca penetapan ini, aktivitas kegiatan di kawasan semestinya konsisten menggunakan tema Geopark Kaldera Toba. Selama ini, ujar Irwansyah, hal ini tak jarang luput jadi perhatian berbagai pihak penyelenggara kegiatan di kawasan Kaldera Toba.

“Saatnya kita mulai tidak hanya sekedar wacana tetapi mengaktivasi ruang-ruang kegiatan, apakah itu budaya dan lain sebagainya, bertemakan Geopark Kaldera Toba. Selama ini, kita belum benar-benar serius mengerjakan (kegiatan-red) ini karena sering isu-isunya itu belum related (tersambung-red) dengan Geopark Kaldera Toba,” tandasnya.

Sebagai informasi, hari ini Jumat (17/7/2020) pukul 15.00-17.00 WIB, akan diselenggarakan Webinar Diskusi Publik “Toba Caldera UNESCO Global Geopark: Aspek Historis, Pencapaian, Tantangan & Harapan” yang diselenggarakan Rumah Karya Indonesia, Jendela Toba, Forum Sisingamangaraja XII dan BP-GKT.

Bagi anda yang berminat silahkan mendaftar di WA 0812-6511-4083.

Diskusi publik ini bertujuan menyampaikan informasi utuh mengenai Geopark Kaldera Toba pasca penetapan UNESCO. (tb)