Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Gelombang Pertama TKI Asal Tanjungbalai Tiba Hari Ini

Para pekerja migran (TKI) asal Tanjungbalai yang akan dijemput pulang jalani cek kesehatan dan administrasi di Pelabuhan Port Klang Malaysia, Senin (18/5/2020) (Foto: Istimewa)

| Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai memastikan penjemputan pulang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Tanjungbalai dari Malaysia mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

“Warga kita yang dijemput pulang, diproses sesuai Protokol Kesehatan Covid-19 yang bertujuan mencegah penyebaran Covid-19. Di pelabuhan Port Klang Malaysia, sebelum berangkat, mereka periksa kesehatan dulu,” terang Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, kepada TataBerita, di Tanjungbalai, Senin (18/5/2020) siang.

Syahrial melanjutkan, gelombang pertama ini menjemput sebanyak 146 orang TKI. Seperti dijadwalkan akan tiba sore ini, Senin (18/5/2020), di Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.

“Insya Allah, sore ini, Senin (18/5/2020), warga kita yang dari Malaysia akan tiba Kota Tanjungbalai,” imbuhnya.

Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19, saat tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, para TKI ini akan diperiksa Rapid Test untuk selanjutnya dibawa langsung ke lokasi Karantina Sementara Kota Tanjungbalai guna pemeriksaan kesehatan lanjutan.

“Di Port Klang (Malaysia), mereka sudah cek kesehatan. Setiba di sini nanti, kita juga akan lakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. Ini juga untuk memberikan rasa nyaman seluruh warga Kota Tanjungbalai,” ucap Syahrial.

Tak lupa, Syahrial memohon doa seluruh warga Kota Tanjungbalai demi kesuksesan dan kelancaran penjemputan pulang para pekerja migran di Malaysia asal Kota Tanjungbalai ini.

“Mohon doa dari kita semua, warga Tanjungbalai dan seluruh sanak saudara dimanapun berada. Semoga proses pemulangan ini berlangsung lancar dan selamat sampai di tanah air,” pinta Syahrial.

Seperti diketahui, penjemputan pulang 440 orang TKI di Malaysia asal Kota Tanjungbalai ini difasilitasi Pemko Tanjungbalai. Pemulangan ini tindak lanjut permohonan para TKI setelah kebijakan lockdown Pemerintah Malaysia.

Penjemputan menggunakan kapal ferry swasta Jet Star, telah berangkat dini hari tadi dan dijadwalkan tiba sore ini, Senin (18/5/2020). (tb)