Peduli Covid-19, F-JKT Medan ‘Angkat Telor’ Ke Petugas Puskesmas

Perwakilan F-JKT Medan saat menyerahkan telur ayam kampung ke petugas medis, di Puskesmas PB Selayang II Medan, Selasa (5/5/2020) (Foto: Albert Damanik)

| Bentuk kepedulian dan dukungan kepada petugas medis, Forum Jurnalis KopiTao (F-JKT) Medan donasi nutrisi tambahan berupa telur ayam kampung ke lima titik Puskesmas di Kota Medan, Selasa (5/5/2020).

“Setiap puskesmas kita bagi lima papan telur ayam kampung,” ujar perwakilan F-JKT Medan, Arief, bersama rekan-rekan, di sela kegiatan.

Menurut Arief, bakti sosial ini merupakan tindak lanjut temuan lapangan saat mendampingi kegiatan pembagian APD oleh Komunitas Jurnalis 4×4 asal Jakarta, dua pekan lalu.

“Ternyata, para petugas medis menyebutkan tak hanya memerlukan APD. Mereka juga butuh nutrisi dan vitamin berupa madu, telur dan lainnya agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat bertugas,” imbuhnya.

Berdasarkan temuan tersebut, ujar Arief, 20 orang jurnalis dari berbagai media inisiatif mengumpulkan dana kolektif-mandiri untuk bakti sosial ke petugas medis.

“Berdasarkan temuan itulah F-JKT berinisiatif membuka donasi sesama 20 jurnalis yang tergabung. Insyaallah, kegiatan ini akan terus kita galang selama pandemik berlangsung,” terangnya.

Ke depannya, F-JKT Medan menggugah seluruh pihak untuk melakukan bakti sosial ke petugas medis. Untuk itu, F-JKT Medan pun siap berkolaborasi.

“F-JKT juga membuka ruang kepada semua lapisan masyarakat yang ingin bergabung untuk berdonasi. Jika berminat bisa hubungi kami atau datang langsung markas F-JKT di Jalan Stela Raya Nomor 117, Kelurahan Medan Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan,” pungkasnya.

Kepala Puskesmas PB Selayang II Medan, Zainab, mengaku respek dan mengucapkan atas kepedulian F-JKT Medan ini.

“Kami, sebagai petugas garda depan penanganan, respek dan berterimakasih atas donasi para jurnalis F-JKT ini. Semoga Covid-19 ini, segera berlalu,” ucapnya.

Program donasi telur ayam kampung F-JKT Medan ini dilakukan di Puskesmas Medan Tuntungan, Puskesmas Medan Sunggal, Puskesmas PB Selayang II, Puskesmas Mandala dan Puskesmas Medan Amplas. (tb)