Peduli Warga Ekonomi Lemah, Pemko Tanjungbalai Kembali Bangun Rusunawa VI

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH (baju putih, nomor 4 dari kiri) bersama Forkopimda dan OPD saat meninjau lokasi pembangunan Rusunawa VI di Jl Perumnas Pasar Baru, Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai, Rabu (24/6/2020) (Foto: Istimewa)

| Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga ekonomi lemah, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai (Sumatera Utara) kembali membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) VI di Jl Perumnas Pasar Baru, Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

“Saat ini, tak sedikit masyarakat yang belum memiliki rumah layak huni. Oleh sebab itu, pembangunan fasilitas publik seperti Rusunawa ini harus terus dilakukan,” ujar Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, saat meresmikan peletakan batu pertama pembangunan di lokasi Rusunawa VI, Rabu (24/6/2020).

Walikota meminta anggota DPRD Kota Tanjungbalai terus menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebutuhan tempat tinggal. Ia juga menegaskan agar pihak Kecamatan melakukan pendataan warga.

“Kami minta kepada DPRD Kota Tanjungbalai untuk terus menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebutuhan tempat tinggal. Kepada Camat Sei Tualang Raso, kami tegaskan harus mendata warganya yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni agar mendapatkan bantuan rumah susun ini,” ujar Syahrial.

Syahrial  juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, sembari mengingatkan para pekerja proyek pembangunan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah mendukung dan membantu pembangunan Rusunawa VI di Kota Tanjungbalai. Pembangunan ini dimulai pada hari Senin (29/6) nanti, dan (para pekerja) harus tetap mengikuti dan mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, Kementerian PUPR yang diwakili Zulkifli dari Dinas PUPR Provinsi Sumut memberi perincian Rusunawa VI yang segera dibangun ini.

“Adapun tipe yang akan dibangun berjumlah 3 lantai dengan tipe 36 sebanyak 44 unit dengan kapasitas 176 orang. Di dalamnya terdapat 1 kamar mandi, 2 kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan area menjemur pakaian,” terang Zulkifli.

Turut hadir dalam acara peresmian peletakan batu pertama pembangunan ini, Danlanal TBA Letkol Laut(P) Dafris, mewakili Dandim 0208/AS (Pabung) Mayor Indera, Wakapolres Tanjungbalai Kompol H Jumanto, Ketua Komisi B DPRD Kota Tanjungbalai Hj Hartati SE, Anggota Komisi B DPRD H Alpian Panjaitan SH MM, Kepala BAPPEDA Ir Ahmad Solihin MM dan OPD Pemko Tanjungbalai. (tb)