Pelaku UMKM Dipastikan Dapat Porsi di Rest Area Jalan Tol

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (Foto: Mardi Rahmat/20 detik)

Jakarta, TataBerita |  Pelaku UMKM dipastikan dapat porsi di rest area seluruh jalan tol di Indonesia. Komitmen ini dipertegas Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, saat ditemui di Smesco Tower, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019), seperti dilansir dari detikfinance (26/12/2019).

“Masalah itu (affirmative policy) sudah dibicarakan dengan Presiden dan Menteri PU, fokus kita adalah menyediakan ekosistem bagi pelaku usaha lokal,” ujar Teten.

Meski begitu, Teten Masduki mengatakan pemerintah bukan menghilangkan waralaba asing dari rest area. Namun, pihaknya akan melebihkan porsi UMKM agar mampu bersaing secara sehat.

“Bukan hanya di rest area, di mal-mal juga. Kita sudah bicarakan juga dengan asosiasi mal, harus berani dong memberi tempat premium kepada brand lokal. Toh di beberapa tempat, brand lokal malah unggul,” sambung Teten.

Namun, pemerintah juga lebih selektif menyeleksi produk lokal pelaku UMKM yang bisa masuk ke tol maupun sentral ekonomi lainnya.

Teten Masduki juga mengatakan tak hanya memastikan porsi lebih terhadap pelaku usaha tersebut, namun juga mengupayakan kemudahan usaha bagi seluruh pebisnis lokal.

“Banyak lah, termasuk memberi kemudahan usaha buat mereka,” ujarnyanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas mengenai pemberdayaan UMKM 2020 (9/12/2019), menyinggung soal eksistensi perusahaan kopi dan ayam goreng asing (Starbucks dan KFC) yang sudah mendominasi di Indonesia. Presiden menyatakan kecewa dengan kinerja kementerian/lembaga yang tak selektif soal pengafaan waralaba di sentra ekonomi infrastruktur baru. (tb/df)