Pelantikan Wanita Buddhis Tamil Medan, LPPBTI: Semoga Buddhis Tamil Semakin Dikenal

Pengurus LPPWBTI Medan foto bersama Pengurus LPPBTI, Binmas Buddha Depag Kota Medan dan Biksuni Aya Sagara, di kantor LPPBTI Medan, Jl Karya Utama Medan, Senin (1/6/2020) (Foto: TataBerita)

| Ketua Lembaga Pembinaan dan Pelayanan Buddhis Tamil Indonesia (LPPBTI) Kota Medan, Antonius, berharap dengan pelantikan Lembaga Pembinaan dan Pelayanan Wanita Buddhis Tamil Indonesia (LPPWBTI) Kota Medan masa bakti 2020-2022, Senin (1/6/2020), keberadaan masyarakat Buddhis Tamil semakin dikenal luas di masyarakat.

“Harapan kita (LPPWBTI-red) bisa lebih giat lagi bekerja, meningkatkan kepedulian kepada masyarakat Buddhis Tamil khususnya dan masyarakat luas umumnya. Wanita Buddhis Tamil bisa ambil peran di masyarakat dan lebih dikenal,” ujar Antonius kepada TataBerita, usai pelantikan, di kantor LPPBTI Medan, Jl Karya Utama Medan, Senin (1/6/2020) siang.

Selama ini, ujar Antonius, masyarakat luas kurang mengenal keberadaan Buddhis Tamil karena sering disamakan dengan Hindu-Tamil. Dampaknya, imbuh Antonius, di institusi pendidikan sering tak disediakan guru agama Buddha bagi kelompok masyarakat Tamil.

“Buddhis Tamil kurang dikenal. Kita sering dianggap Hindu. Seperti di salah satu sekolah nasional di Medan, tidak disediakan guru agama Buddhis, padahal 80% siswanya Buddhis Tamil. Ya, itu tadi, kita (Tamil-red) sering dikira hanya Hindu. Bukan kita mau beda-bedakan, ya,” imbuhnya.

Doa bersama dan pemberkatan oleh Biksuni Aya Sagara, Kantor LPPBTI Kota Medan, Jl Karya Utama Medan, Senin (1/6/2020) (Foto: TataBerita)

Sementara itu, Penyelenggara Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Kota Medan, Rames Khumar SAg MPd, mengapresiasi kegiatan pelantikan ini. Ia pun berpesan, pengurus Wanita Buddhis Tamil yang baru dapat bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

“Saya mengapresiasi LPPBTI yang telah melantik Wanita Buddhis Tamil Indonesia Kota Medan. Saya titip pesan kepada semua wanita Buddhis yang telah dilantik agar dapat bekerja tulus dan ikhlas sesuai ajaran Budha Dharma. Wanita Buddhis Tamil dapat bersinergi dengan seluruh elemen yang ada, baik intern maupun ekstern,” pesan Rames.

Bakti sosial pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar, Kantor LPPBTI Kota Medan, Jl Karya Utama Medan, Senin (1/6/2020) (Foto: TataBerita)ami

Acara pelantikan dihadiri para pengurus LPPBTI dan LPPWBTI dan juga umat Buddhis Tamil di Kota Medan. Dimulai dengan Upacara Nasional dan dilanjutkan doa bersama serta pemberkatan oleh Biksuni Aya Sagara.

Penutupan acara, dilakukan pembagian bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat sekitar. (tb)