Pemerintah RI Ajukan Gugatan Melawan Uni Eropa Terkait Produk Kelapa Sawit

Pekerja di perkebunan sawit (Foto: Net)

Jakarta, TataBerita | Pemerintah Indonesia mengajukan gugatan melawan Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas kebijakan-kebijakan yang dianggap mendiskriminasikan produk kelapa sawit Indonesia. Hal itu diungkapkan Kementerian Perdagangan dalam pernyataan tertulis mereka (15/12/19), seperti dikutip dari bbc.com (16/12/19).

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan telah ajukan permintaan konsultasi ke Uni Eropa pada tanggal 9 Desember 2019. Ini merupakan tahap inisiasi awal gugatan.

“Keputusan ini dilakukan setelah pertemuan di dalam negeri dengan asosiasi/pelaku usaha produk kelapa sawit, kajian ilmiah, serta konsultasi ke semua pemangku kepentingan sektor kelapa sawit dan turunannya,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo, mengatakan gugatan bisa dilakukan jika suatu negara menganggap kebijakan negara anggota lain melanggar prinsip-prinsip yang disepakati dalam WTO.

Menurut Iman, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan keberatan atas kebijakan Uni Eropa ini di berbagai forum bilateral, baik dalam Working Group on Trade and Investment Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) dan pertemuan Technical Barriers to Trade Committee di WTO. (tb/bbc)