Pemko Tanjungbalai Siapkan Fasilitas Karantina Sementara Bagi Pendatang dan Warga Baru Tiba Dari Luar Daerah

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH (tengah), didampingi Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai, Bu Vita (sebelah kiri Walikota), cek langsung persiapan lokasi karantina sementara, Jl Sei Tualang Raso Tanjungbalai, Jumat (3/4/2020) (Foto: Pemko Tanjungbalai)

| Antisipasi dini penyebaran wabah Corona (Covid-19) terkait kedatangan para pendatang dan warga kota Tanjungbalai yang baru tiba dari luar daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menyiapkan fasilitas karantina sementara di Gedung Olah Raga (GOR) mini, di Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.

“Penyiapan fasilitas terus dilakukan dan diharapkan hari ini bisa tuntas, sudah bisa digunakan. Lokasi ini diperuntukkan bagi para pendatang dan warga yang baru tiba dari luar daerah dan belum memeriksakan kesehatannya,” terang Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, saat cek langsung di lokasi karantina sementara, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, menurut HM Syahrial, karantina sementara ini juga mengantisipasi kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia. Seperti diketahui, akibat status lockdown (karantina) negara Malaysia, banyak TKI yang balik pulang ke Indonesia.

“Lokasi ini juga disiapkan mengantisipasi para TKI yang diperkirakan akan pulang akibat situasi lockdown di Malaysia dan izin tinggal yang sudah habis,” terang HM Syahrial.

Menurut HM Syahrial, sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19, di lokasi karantina sementara ini, pendatang atau warga yang baru tiba dari luar kota akan dikarantina selama satu hari untuk diperiksa suhu tubuhnya dan diamati.

“Langsung diperiksa suhu tubuh mereka dan dikarantina selama satu hari. Jika ada yang terindikasi Covid-19 akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan Pemerintah Pusat dan Provinsi Sumatera Utara. Selama menjalani karantina sementara, Pemkot Tanjungbalai menyediakan kebutuhan makan dan minum,” ujarnya.

Saat tiba di lokasi, Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, didampingi Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai, Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial akrab Bu Vita, bersama jajaran Pemkot Tanjungbalai langsung memeriksa ketersediaan fasilitas seperti ruangan khusus laki-laki dan perempuan, kamar mandi dan lainnya.

“Pemkot Tanjungbalai menyediakan sebanyak 40 tempat tidur dan akan ditangani para petugas medis dari Puskesmas Sei Tualang Raso dan Puskesmas Teluk Nibung,” pungkas HM Syahrial. (tb)