Pemprov Sumut Sambut Baik Peluang Kerjasama dengan Pihak Kerajaan Belanda

Wagubsu, Musa Rajeckshah (berbaju putih) menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja (berbaju merah), di rumah dinas Wagubsu, Jl Teuku Daud Medan, Senin (13/1/2020) (Foto: Humas Sumut)

Medan, TataBerita | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menerima kunjungan silaturahmi rombongan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Belanda, di Rumah Dinas Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Jalan Teuku Daud Medan, Senin (13/1/2020). Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, diterima Wagubsu, Musa Rajekshah.

Dalam kunjungan ini, I Gusti Agung Wesaka Puja menawarkan peluang kerjasama Pemprov Sumut dengan Belanda.

“Karena peluangnya memang sangat besar sekali. Belanda kan sebagai hub untuk Eropa, jadi ini memberikan peluang semakin banyak perusahaan-perusahaan Eropa untuk mengenal Sumut dan datang ke Sumut,” ujar Puja.

Puja pun meyakini Sumut punya banyak bidang dan produk unggul untuk dipromosikan, khususnya di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

“Selain itu, bidang kesehatan juga sangat potensial untuk dikerjasamakan. Lantaran, Belanda membutuhkan tenaga kerja perawat dan diaspora Indonesia bidang kesehatan di Belanda juga banyak yang bersedia dan sudah membina kerja sama yang baik dengan rumah sakit dan yayasan kesehatan di Indonesia,” jelas Puja.

Wagubsu, Musa Rajekshah, menyambut baik kedatangan Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, beserta rombongan. Dari beberapa potensi kerja sama yang disampaikan, Wagub mengatakan sektor kesehatan merupakan bidang yang paling dibutuhkan saat ini.

“Apalagi Pak Dubes tadi menjelaskan bahwa orang Belanda merasa memiliki ikatan batin dengan Indonesia dan mengharapkan banyak tenaga perawat yang dikirimkan dari Indonesia. Ini merupakan peluang yang sangat baik untuk dikerjasamakan dengan sekolah-sekolah perawat di Sumut. Selain itu, kita juga mencari investor untuk pembangunan rumah sakit pemprov yakni rumah sakit haji,” jelas Wagubsu.

Hal lain, kata Wagub, ialah kerja sama bidang tata kelola air dan penanganan banjir. Apalagi, negeri kincir angin tersebut terkenal dengan kemampuan dan keahlian manajemen pengelolaan air dan penanggulangan banjir yang canggih.

Pertemuan diakhiri dengan bertukar cendera mata. Teknis kerjasama di masa depan akan terus ditindaklanjuti dan koordinasi melalui Konsulat Kehormatan Kerajaan Belanda untuk Medan, Ony Hindra Kusuma. (tb)