Pemulangan 440 TKI Di Malaysia, Walikota Tanjungbalai: “Kita Siap, Mohon Doanya”

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH (Foto: Istimewa)

| Terkait rencana pemulangan 440 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Tanjungbalai di Malaysia, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai mengaku siap fasilitasi pemulangan tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara, Pemerintah Pusat (Kemenhub, KBRI Malaysia) dan instansi terkait dari Malaysia untuk membantu kepulangan TKI warga Tanjungbalai. Saya juga melalui perwakilan masyarakat Tanjungbalai yang ada di Malaysia dan Dinas Tenaga Kerja telah lakukan pendataan sehingga diperoleh data 440 orang TKI warga Tanjungbalai akan dipulangkan dari Malaysia,” terang Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, kepada TataBerita, di Tanjungbalai, Sabtu (9/5/2020).

Lanjut Syahrial, pemulangan ini merupakan tindak lanjut permohonan para TKI asal Tanjungbalai yang berada di Malaysia.

“Hal ini menyahuti permohonan masyarakat (TKI) asal Tanjungbalai di Malaysia untuk dibantu kepulangannya karena kondisi ekonomi memburuk akibat kebijakan lockdown Negeri Jiran tersebut,” imbuhnya.

Untuk itu, harap Syahrial, ia memohon doa dan dukungan dari seluruh pihak agar proses pemulangan TKI ini dapat berjalan baik dan lancar.

“Kita berdoa bersama semoga proses pemulangan warga kita yang dari Malaysia dapat berjalan dengan baik dan lancar mulai dari keberangkatan dari Malaysia sampai tiba di Kota Tanjungbalai,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris dan Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, menyatakan siap membantu Pemerintah Kota Tanjungbalai fasilitasi pemulangan para TKI tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI melalui Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dr Capt Wisnu Handoko MSc, mengatakan pihaknya akan mengeluarkan surat izin pemulangan para TKI ini pada hari Senin (11/5/2020) nanti, seperti disampaikannya melalui Video Conference (VidCon), di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jl Sudirman Kota Tanjungbalai, Sabtu (9/5/2020). (tb)