Pengabdian Masyarakat, Dosen USU Serahkan Fasilitas Cuci Tangan Berpedal Ke Puskesmas Simalingkar

Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Mesin USU di Puskesmas Simalingkar, Jl Bawang Raya no 37 Medan, Selasa (21/7/2020) (Foto; Istimewa)

| Sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) menyerahkan bantuan fasilitas cuci tangan keran otomatis menggunakan pedal kaki ke Puskesmas Simalingkar, Jl Bawang Raya no 37 Medan, Selasa (21/7/2020).

Alat cuci tangan ini bisa mengeluarkan air dari keran tanpa disentuh tangan, cukup menggunakan pedal kaki. Alat ini hasil inovasi mahasiswa Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik USU, di bawah bimbingan Prof Himsar Ambarita.

Diharapkan, penggunaan alat pencuci tangan ini bisa membantu mengurangi kontak fisik saat mencuci tangan.

Hal ini tentu mengurangi risiko penularan virus Covid-19 kepada setiap orang yang menggunakannya. Seperti diketahui, kecuali telah didisinfektasi, virus ini mampu bertahan 2-3 hari pada media plastik dan material logam.

Puskesmas Simalingkar dipilih sebagai lokasi pengabdian karena salah satu tempat pelayanan kesehatan yang mempunyai peran dalam penanganan pasien yang memiliki gejala ringan Covid-19 atau melakukan penyaringan (screening) pada orang yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Dalam penyerahan bantuan yang diterima langsung Kepala Puskesmas Simalingkar, dr Rooslyen Bakara MARS, tim dosen USU yang terdiri dari Dr Nauas Domu Marihot Romauli STP MEng, Prof Dr Himsar Ambarita ST MT dan Karina Nola Sinamo STP MSi, menyerahkan 1 unit alat pencuci tangan, APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis berupa 50 set baju hazmat, alat pelindung wajah, masker medis, kacamata medis, sarung tangan karet dan penutup kepala. (tb)