Penggusuran Tamansari Bandung, DPR Kecam Tindakan Kepolisian

Seorang warga menangis histeris saat penggusuran permukiman Tamansari di Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). (Foto: Antara /Raisan Al Farisi)

Jakarta, TataBerita | Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Desmond J. Mahesa mendesak KAPOLRI, Jenderal Idham Azis, mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi terkait insiden kekerasan polisi saat penggusuran pemukiman di Tamansari, Bandung.

“Iya harus dievaluasi, Kapoldanya harus turun. Harus diganti oleh Idham,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (Jumat, 13/12/19), seperti dikutip dari tempo.co (15/12/19).

Desmond mengaku sudah melihat video beredar yang menampilkan kekerasan polisi terhadap warga. Dia mengecam tindakan aparat kepolisian dalam melakukan penanganan seperti ini.

Menurutnya, kepolisian tak semestinya mempertontonkan kebrutalan seperti yang terjadi di Tamansari.

“Persoalannya polisi melindungi siapa? Melindungi pengusaha, pemerintahan dalam rangka penggusuran? Kalau itu wajah polisi rusak,” ujar politikus Gerindra ini. Ia akan meminta penjelasan Kapolri dalam rapat Komisi Hukum DPR RI.

Anggota Komisi Hukum DPR Arsul Sani juga mendesak kepolisian mengevaluasi kinerja kepolisian karena ada insiden kekerasan dalam penggusuran tersebut.

“Harus dijadikan evaluasi dari atasan langsung satuan Polri yang bersangkutan, kalau petugasnya dari Polresta katakanlah, Kapolda Jabar harus lakukan evaluasi, apakah ada pelanggaran SOP atau tidak,” kata politikus Partai Persatuan Pembangunan ini. (tb/tc)