Perdana, Polrestabes Medan Sukses Terapkan Pasal Pencucian Uang Ke Bandar Narkoba

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Isir, saat konferensi pers di Mapolrestabes Medan, Kamis (19/3/2020) (Foto: TataBerita)

| Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Kota Medan berhasil terapkan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan menyita aset senilai Rp 8 miliar milik bandar narkoba jenis sabu, Zakir Husin alias ZH (48).

“Aset-aset itu didapat dari pengungkapan kasus tindak pidana narkoba terhitung tahun 2019,” terang Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, di Mapolrestabes Medan, Kamis (19/3/2020).

Selain menyita seluruh aset, tersangka juga terancam hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar.

Jhonny melanjutkan, eksekusi aset milik bandar narkoba ini merupakan kesuksesan pertama dalam pengungkapan TPPU kasus Narkoba di tingkat Polres di Sumatera Utara.

“Ini merupakan kesuksesan pertama Sat Narkoba Polrestabes Medan mengungkap tindak pidana pencucian uang dan ini perlu kita apresiasi, karena pertama kali di wilayah Polda Sumut,” imbuhnya.

Keberhasilan ini, ungkap Jhonny, merupakan kolaborasi efektif dari Kejari Medan, PPATK dan penyedia jasa keuangan.

“Proses pengungkapannya gotong royong hingga aset yang diduga hasil tindak pidana bisa dikumpulkan fakta-fakta yang dibuktikan dari fakta persidangan nantinya,” sebut mantan ajudan pribadi Presiden Jokowi ini.

Sebelumnya, bandar narkoba berinisial ZH (48) ini diciduk Timsus Polrestabes Medan pada 2018 lalu. (tb)