Pilkada Medan 2020: Belum Ada Sosok Menjanjikan dan Rendahnya Partisipasi Publik Bukti Gagalnya Parpol

Direktur Eksekutif Perhimpunan Suluh Muda Indonesia, Kristian R Simarmata (Foto: Istimewa)

Medan, TataBerita | Partai politik (Parpol) bertanggungjawab atas rendahnya partisipasi warga dalam memilih di Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Hal ini dikatakan aktivis HAM dan demokrasi dari Perhimpunan Suluh Muda Indonesia, Kristian R Simarmata, kepada TataBerita saat disambangi di kantornya, Jl Sei Sira Medan, Selasa (14/1/2020).

“Parpol sudah jauh dari fungsinya melahirkan kader-kader berkualitas, apa lagi di kota Medan ini. Tidak ada proses penjaringan yang terkonsep dan parpol gagal menyerap aspirasi dan kontribusi publik dalam proses kontestasi politik,” terang Kristian.

Kristian melanjutkan, parpol berkontribusi atas gagalnya demokrasi elektoral karena minim edukasi politik dan sistematika riil sebagai motor penggerak demokrasi. Ia pun menganggap keliru bila rendahnya partisipasi publik dibebankan sepenuhnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“KPU hanya sebatas penyelenggara teknis, walaupun KPU membuat strategi, tapi itu tidak akan banyak mempengaruhi. Semua ada di partai politik, sejauh mana proses kaderisasi dan pendampingan sampai akar rumput diberikan sehingga berdampak pada partisipasi konstituen,” ujarnya.

Disinggung mengenai perhelatan Pilkada Medan 2020 mendatang, Kristian Simarmata mengatakan bakal calon Walikota/Wakil Walikota yang muncul belum ada sosok yang menjanjikan perbaikan Kota Medan.

“Belum ada sosok yang memiliki konsep dan kapabilitas rill. Metode-metode usang masih dilakukan beberapa calon yg akan maju. Calon perseorangan pun kian gencar mengumpulkan perlengkapan syarat, begitu juga calon yang diusung partai politik sudah mulai cari muka,” ujarnya.

Menurut Kristian, partai politik harus mengajukan orang-orang berkualitas atau kader yang punya konsep tentang kota Medan.

“Seperti pertandingan sepak bola, ketika tak ada pemain bagus, penonton tidak akan datang,” tutup Kristian. (tb)