Pilkada Medan 2020, Gerindra Usung Bobby Nasution-Aulia Rahman

Bobby Nasution saat bertemu Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: Istimewa)

| Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyatakan dukungan untuk pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota/Wakil Walikota Medan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Saya Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Untuk Pilkada Medan Bobby Nasution – Aulia Rahman, menang,” ujar Dasco Ahmad melalui tayangan video yang berdurasi 11 detik, Selasa (4/8/2020).

Untuk itu, Gerindra berharap tawaran pasangan ini diterima partai politik lainnya. Diketahui, Aulia Rahman adalah kader Gerindra yang saat ini menjadi anggota legislatif di DPRD Kota Medan.

“Partai Gerindra dengan PDIP sama-sama memiliki 10 kursi di DPRD Medan, yang memenuhi persyaratan dan bisa mengajukan pasangan calon dalam pilkada di Medan. Kita berkoalisi. Untuk menentukan calon wakil yang mendampingi Bobby, kita berharap disetujui partai koalisi lainnya, seperti Golkar dan Nasdem,” ungkap Sekretaris Gerindra Sumut, Robert Lumbantobing, ketika dikonfirmasi, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Alasan Demokrat Dukung Akhyar, “Kami Tak Ingin Kota Medan Dipimpin Orang Yang Sedang Coba-Coba”

Untuk diketahui, Gerindra dan PDI Perjuangan, masing-masing meraih 10 kursi di DPRD Kota Medan periode 2019-2024. Diikuti PKS 7 kursi, PAN 6, masing-masing 4 kursi untuk NasDem, Golkar dan Demokrat. Lalu, Hanura dan PSI mendapat 2 kursi dan PPP 1 kursi.

Meski belum diumumkan secara resmi, menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, dikabarkan didukung mayoritas partai politik, kecuali Demokrat dan PKS.

Demokrat dan PKS mendukung petahana Ir Akhyar Nasution di Pilkada Medan. Kedua partai beralasan, mereka tak ingin mendukung calon yang belum berpengalaman. (tb)