Polda Sumut Konferensi Pers Kasus Pembunuhan Hakim PN Medan: Pembunuhan Berencana, Motif Masih Didalami

Konferensi Pers Kapolda Sumut didampingi Irwasda Polda Sumut, Direskrimum Polda Sumut, PJU Polda Sumut dan Kapolrestabes Medan, Mapolda Sumut, Rabu (8/1/2020) (Foto: Polda Sumut)

Medan, TataBerita | Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengadakan konferensi pers pengungkapan kasus pembunuhan seorang hakim Pengadilan Negeri Medan, di lobi Adhi Pradana Mapolda Sumut, Medan, Rabu (8/1/2020). Kapolda didampingi Irwasda Polda Sumut, Direskrimum Polda Sumut, PJU Polda Sumut dan Kapolrestabes Medan.

“Di belakang saya, saat ini ada 3 pelaku mulai dari si perencana hingga pelaku pembunuhan. Inisialnya, ZH yang merupakan istri korban, dan 2 lainnya JP dan RF yg tidak ada hubungan keluarga dan tidak mengenal korban. Ada beberapa barang bukti yang kita amankan yaitu 1 buah dompet, 1 jam tangan, 1 laptop, 1 kalung dan hp, 1 unit mobil toyota land cruiser, 1 unit sepeda motor, 1 buah sarung bantal, bad cover, dan 2 hape milik tersangka,” ungkap Martuani.

Barang bukti mobil dan sepeda motor di halaman Mapolda Sumut, Rabu (8/1/2020) (Foto: Polda Sumut)

Kapolda Sumut menerangkan kasus ini terjadi pada 28 November 2019 dan hari ini adalah konferensi pers resmi Polda Sumut.

Kapolda pun mengapresiasi seluruh anggota kepolisian yang berhasil mengungkap kasus ini, seperti diketahui, hasil kerjasama Direktorat Kriminal Umum Polda Sumut dan Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan.

“Dugaan sementara yaitu masalah rumah tangga,” terang Kapolda.

Kapolda menambahkan, tentunya ini bukan pembunuhan biasa melainkan pembunuhan berencana, meski motifnya masih didalami penyidik.

“Kasus ini masih kami dalami untuk bisa kita lengkapi dan dilimpahkan ke Kejaksaan dan pasal yang kita persangkakan yaitu pasal 340 subs pasal 338 Jo pasal 55 ayat (1) ke 1e, 2e KUHPidana” tutup Martuani. (tb)