Presiden Jokowi Jengkel dan Marahi Para Menteri, Kerja Tak Maksimal Di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

| Presiden Joko Widodo jengkel dan memarahi para menteri dan pimpinan lembaga negara saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020). Kemarahan Presiden muncul karena para bawahannya itu dinilai tak maksimal bekerja di tengah pandemi Covid-19.

“Saya melihat masih banyak kita yang menganggap ini normal. Saya lihat masih banyak yang seperti biasa-biasa saja. Saya jengkelnya di situ. Ini apa enggak punya perasaan,” ungkap Jokowi dengan nada tinggi, seperti terlihat dalam rekaman video yang diunggah Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2020).

Presiden menilai, tidak ada kemajuan penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan para menteri dan pimpinan lembaga negara. Untuk itu, tegas Jokowi, ia siap pertaruhkan reputasi politik demi rakyat dan negara.

“Saya harus ngomong apa adanya. Nggak ada progress yang signifikan, enggak ada. Kalau minta perppu, saya buatin lagi perppu, asalkan untuk rakyat, untuk negara saya pertaruhkan reputasi politik saya,” tegasnya.

Jokowi pun mengingatkan, agar para bawahannya itu meningkatkan kinerja dan jangan menganggap persoalan ini sekedar biasa saja.

“Jangan biasa-biasa saja. Jangan linear. Jangan menganggap ini normal. Bahaya sekali,” ucapnya dengan nada tinggi. (tb)