Presiden Jokowi Larang Mudik, Menhub Budi Karya Izinkan Transportasi Beroperasi Ke Luar Daerah

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: Net)

| Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya kembali memberikan izin operasi berbagai transportasi mengangkut penumpang ke luar daerah. Menurut Budi, kebijakan ini bukan relaksasi atau kelonggaran, melainkan penjabaran Permen 25 tahun 2020 tentang pengaturan transportasi saat mudik Lebaran.

“Intinya adalah penjabaran, bukan relaksasi lho ya, artinya dimungkinkan semua moda angkutan, baik udara, kereta api, laut, bus, untuk kembali beroperasi dengan catatan satu harus mentaati protokol kesehatan,” jelas Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (6/5/2020), seperti dilansir dari detikfinance.

Menhub menjelaskan, Kementerian Kesehatan dan BNPB akan menyusun kriteria penumpang yang boleh ke luar daerah di tengah larang mudik.

“BNPB akan berikan kriterianya, nanti Menkes dan BNPB bisa tentukan dan bisa dilakukan siapa saja yang boleh berpergian. Operasinya mulai 7 Mei, pesawat segala macam dengan penumpang khusus tapi tidak boleh mudik sama sekali,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona (Covid-19), Presiden Jokowi sendiri telah melarang masyarakat untuk mudik, Selasa (21/4/2020). (tb/df)