Presiden Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Bikin Kebijakan Kerja, Belajar dan Ibadah di Rumah

Presiden Joko Widodo tengah diukur suhu tubuh oleh petugas saat meninjau kesiapan menghadapi COVID-19 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (13/3/2020) (Foto: ANTARA)

| Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta segenap masyarakat meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus corona (Covid-19). Ia pun meminta para kepala daerah membuat kebijakan proses bekerja dan belajar secara daring di rumah serta menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3).

Jokowi pun mengingatkan seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota terus memonitor daerahnya dan berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah setiap situasi yang ada.

“Kemudian juga, terus berkonsultasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menentukan status daerahnya. Siaga Darurat atau Tanggap Darurat Bencana Non Alam,” terang Jokowi.

Jokowi juga meminta semua orang mulai bekerja sama dan saling tolong-menolong agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik.

“Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 bisa ditangani maksimal,” imbuhnya.

Kesehatan rakyat, tegas Jokowi, menjadi prioritas utama. (tb)