Raker DPD MAPAN-RI Sumut, Jojor Pane: Pemberantasan Narkoba, Perlu Upaya Berbasis Inklusi Sosial

Ketua DPD MAPAN-RI Sumut, Jojor Sitorus Pane (Foto: TataBerita)

Delitua, TataBerita | Ketua Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Penggiat Anti Narkoba Republik Indonesia (DPD MAPAN-RI), Jojor Sitorus Pane, berpendapat pemberantasan penyalahgunaan narkoba tak cukup hanya melalui tindakan tegas hukum (hard approaching), perlu ada upaya pendamping seperti gerakan berbasis inklusi sosial (pengembangan keterbukaan lingkungan sosial) untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal ini dikatakannya di sela Rapat Kerja (Raker) Pengurus DPD MAPAN-RI Sumatera Utara, di hotel Pancur Gading Deli Tua, Deliserdang Sumut, Sabtu (8/2/2020).

“Saya berpendapat penyalahgunaan narkoba ini tidak boleh hanya didekati secara kekerasan. DPD MAPAN-RI Sumut akan mendukung pemberantasan narkoba dengan cara berbasis inklusi sosial yang bertujuan menyejahterakan masyarakat,” ujar Jojor.

Dalam Raker penyusunan program kerja sekaligus silaturahmi pasca pelantikan pengurus DPD MAPAN-RI Sumut ini, Jojor pun menambahkan, selain melibatkan para pemuka agama pihaknya juga akan menggerakkan jajaran pengurus di tingkat Kabupaten/Kota untuk melakukan sosialisasi kepada para orang tua.

“Banyak dari masyarakat tidak mengetahui secara jelas apa itu narkoba. Sebagai contoh, banyak orang tua yang anaknya membawa narkotika ke rumah, mereka (orang tua-red) tidak kenal benda tersebut. Justru itu, selain melibatkan para pemuka agama, kita juga akan sosialisasi ke para orang tua. Kerja ini akan dibantu DPC (Dewan Pengurus Cabang-red) Kabupaten/Kota yang akan segera dibentuk,” terangnya.

Para pengurus MAPAN-RI saat Raker DPD MAPAN-RI Sumut, di hotel Pancur Gading, Delitua, Sabtu (8/2/2020) (Foto: TataBerita)

Di tempat sama, Sekretaris DPD MAPAN-RI Sumut, Adlin Tambunan, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu kerja pemerintah untuk menyelesaikan masalah penyalahgunaan narkoba.

“Provinsi Sumatera Utara ada di peringkat dua dalam penyalahgunaan narkoba. Prinsipnya, MAPAN-RI Sumut siap bekerja membantu kerja pemerintah menyelesaikan masalah penyalahgunaan narkoba,” ujar Adlin.

Raker DPD MAPAN-RI Sumut ini juga dihadiri Ketua DPP MAPAN-RI, Dedi Iskandar Batubara, dan Sekretaris DPP MAPAN-RI, Andhy Nainggolan. Pelaksanaan Raker berlangsung sampai hari Minggu (9/2/2020). (tb)