Rakyat Diminta Gunakan Kanal LAPOR!, Pastikan Kualitas Layanan Publik Baik

Kanal LAPOR! yang difasilitasi Kemenpan RB (Sumber: Kemenpan RB)

Jakarta, Tataberita | UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menerangkan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Oleh karenanya, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membuat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Sebelumnya, informasi standar layanan dapat diakses dari situs resmi www.sipp.menpan.go.id milik Kemenpan RB.

Sumber: Kemenpan RB Republik Indonesia
Sumber: Kemenpan RB Republik Indonesia
Sumber: Kemenpan RB Republik Indonesia

LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia, dapat diakses lewat kanal: website www.lapor.go.id; instagram @lapor1708; SMS 1708; twitter @lapor1708; dan aplikasi Android.

Di kanal LAPOR! disajikan informasi dasar, mulai standar pelayanan KTP hingga perpustakaan, seperti: persyaratan; sistem, mekanisme dan prosedur; waktu penyelesaian; biaya/tarif; produk pelayanan; dan pengaduan layanan.

Layanan LAPOR! ini, sebaiknya dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana diamanatkan Undang-undang. (tb)