Rapid Test Gratis 1600 Orang Warga Medan, Rektor USU: Ini Salah Satu Partisipasi USU

Rektor USU Prof Runtung Sitepu (dari kiri) bersama Ketua MWA USU Drs Panusunan Pasaribu (sebelah kiri Rektor) beserta jajaran pimpinan USU saat meninjau hari terakhir rapid test massal gratis di RS USU, Jl dr Mansyur Medan, Jumat (12/6/2020) (Foto: Istimewa)

| Kegiatan rapid test (tes cepat) massal gratis yang dilaksanakan Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU), sampai hari terakhir (Jumat, 12/6/2020), telah diikuti 1600 orang warga Medan.

Kegiatan ini, salah satu partisipasi USU dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

“Pemeriksaan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi USU dalam penanganan Covid-19 agar dapat mengetahui apakah seseorang terindikasi Covid-19 atau tidak. Semoga bisa membantu seluruh masyarakat yang memerlukan kepastian tersebut,” ungkap Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, saat meninjau rapid test massal, di RS USU, Jl dr Mansyur Medan, Jumat (12/6/2020).

Prof Runtung melanjutkan, kegiatan rapid test massal kepada warga Medan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan, saking besarnya bantuan alat rapid test yang diterima USU, pihaknya akan menyalurkan ke beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“USU tidak pernah melakukan komersialisasi terhadap bantuan yang didapatkan. Gratis datangnya, gratis pula disalurkan. Karena bantuannya cukup besar, saat ini sedang penyusunan daftar bantuan rapid test sehingga tidak terpusat di RS USU saja, sehingga tidak terpusat di Medan juga,” terangnya.

Untuk pelaksanaan swab test, ucap Rektor, saat ini hanya prioritas bagi sampel pasien reaktif (Covid-19) berdasarkan rapid test dari berbagai rumah sakit yang ditunjuk pemerintah.

Sementara itu, Plt Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution, yang turut hadir di lokasi, mengucapkan terima kasih kepada Rektor USU atas niat baik dan partisipasi USU dalam penanganan pandemi Covid-19, di Kota Medan khususnya.

Turut hadir dalam peninjauan hari terakhir tersebut, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Drs Panusunan Pasaribu, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas dan jajaran USU lainnya.

Seperti diketahui, rapid test masssal gratis dari pihak USU ini dilakukan sejak tanggal 8 hingga 12 Juni 2020 di parkir timur RS USU, Jalan dr Mansur Medan. (tb)