Rapid Test Massal Gratis di Medan, RS USU Tepis Rumor Adanya Kutipan Biaya

Antrian warga ikuti rapid test massal gratis di lapangan parkit timur RS USU, Jl dr Mansyur Medan, Jumat (12/6/2020) (Foto: TataBerita)

| Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Humas RS USU, Muhammad Zeini Zein, menepis rumor adanya kutipan biaya kepada warga Medan yang melakukan rapid test massal gratis dari 8 hingga 12 Juni 2020 di RS USU, Jl dr Mansyur Medan.

“Sampai hari terakhir, pihak pimpinan RS USU terus melakukan pengawasan sehingga tidak memungkinkan terjadinya tindakan-tindakan yang menyimpang seperti pengutipan biaya dan lain-lain,” ujar Zeini, di Medan, Jumat (12/6/2020).

Sementara itu, Direktur Utama RS USU, Dr dr Syah Mirsya Warli SpU(K) menerangkan, 100-200 orang datang per hari melakukan rapid test di RS USU.

Direktur Utama RS USU, Dr dr Syah Mirsya Warli, Sp U (K) mengatakan, 100-200 orang warga per hari datang melakukan pemeriksaan. Umumnya, kedatangan mereka untuk memupus rasa khawatir, apakah telah terinfeksi virus Corona atau tidak.

Selain itu, ada juga untuk mendapatkan keterangan bebas Covid-19 untuk kebutuhan perjalanan ke luar kota dan beberapa motivasi lainnya.

“Untuk mengatasi Covid-19 ini salah satu caranya adalah dengan menghambat dari hulu. Hal itu jauh lebih baik daripada kita menyelesaikannya di hilir. Maksudnya, kita tangkap orang-orang yang ternyata reaktif dan langsung kita Swab,” pungkas Syah Mirsya. (tb)