Rektor Perpanjang Masa Lockdown Kampus USU

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, saat memberi keterangan pada wartawan, di lapangan parkir RS USU, Jl dr Mansyur Medan, Kamis (11/6/2020) (Foto: Humas USU)

| Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Runtung Sitepu, memperpanjang masa penutupan sementara (lockdpwn) kampus tersebut hingga Sabtu (8 Agustus 2020). Alasan perpanjangan ini karena kekhawatiran penyebaran Covid-19 dan telah mendapat saran dan masukan dari Majelis Wali Amanat (MWA) dan Senat Akademik (SA) USU.

“Mengingat situasi penyebaran Covid-19 semakin mengkhawatirkan, dan setelah mendapat saran dan masukan dari MWA dan SA USU. Maka lockdown USU diperpanjang sampai dengan 8 Agustus 2020,” ungkap Prof Runtung kepada wartawan, Minggu (2/8/2020).

Sebelumnya, melalui surat bernomor 3969/UN5.1/R/KPM/2020, Prof Runtung telah menetapkan penutupan sementara kampus USU dimulai sejak 27 Juli hingga 2 Agustus 2020 lalu. Namun, dari hasil evaluasi kemudian diputuskan memperpanjang masa lockdown kampus USU.

“Kemudian, akan dievaluasi setiap minggu. Surat Edarannya (mengenai perpanjangan masa lockdown-red) sedang disiapkan,” terang Rektor.

Baca juga: Banyak Dosen Positif Covid-19, Rektor USU Tutup Kampus Sementara

Dari informasi yang diperoleh, dikabarkan beberapa orang staf pengajar di kampus USU terpapar virus Corona. Bahkan, beberapa di antaranya meninggal dunia. Sayang, pihak kampus belum bersedia merinci para staf pengajar tersebut.

Selain itu, Runtung juga menyarankan kepada dosen serta para staf USU memeriksakan diri di Rumah Sakit USU guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut. (tb)