Relaksasi Kredit UMKM, Tunda Cicilan Kredit dan Penurunan Bunga

Ilustrasi ojek online. Pemerintah mengeluarkan kebijakan penundaan cicilan sepeda motor bagi ojek online selama 1 tahun. (Foto Bisnis)

 | Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan relaksasi kredit bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa penundaan cicilan dan penurunan bunga kredit Bank selama 1 tahun.

Langkah ini diambil Jokowi untuk mendukung UMKM di tengah pendemi Corona (Covid-19) yang telah berimbas kepada dunia usaha.

“Ada keluhan dari usaha mikro dan kecil. Saya sudah bicarakan dengan OJK (otoritas jasa keuangan), akan memberi kelonggaran, relaksasi kredit, bagi usaha mikro dan usaha kecil yang nilai kreditnya di bawah 10 miliar, berupa penundaan pemabayaran selama 1 tahun, dan penurunan bunga,” ujar Jokowi melalui konfrensi video dari Istana Negara Jakarta, Selasa, (24/3/2020), seperti dilansir dari rilis resmi.

Relaksasi ini, menurut Jokowi, juga berlaku bagi usaha mikro yang mengambil kredit perbankan, termasuk pembiayaan di industri keuangan non bank (IKNB), seperti multifinance dan keuangan mikro.

“Keluhan saya dengar dari tukang ojek, supir taksi yang sedang memiliki kredit mobil ataupun nelayan sedang memiliki kredit perahu. Saya sampaikan kepada mereka, tidak perlu khawatir, karena pembayaran bunga dan angsuran diberikan kelonggaran (relaksasi) selama 1 tahun,” pungkasnya. (tb)