Relawan Bobby Jemput Aspirasi Pedagang, Para Pedagang Butuh Pinjaman Modal

Tim Re-Born saat kunjungan lapangan Jemput Aspirasi Pedagang, di Pajak Sore, Jl Jamin Ginting Medan, Selasa (18/8/2020) (Foto: Istimewa)

| Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan penurunan jumlah pembeli, para pedagang pasar tradisional membutuhkan bantuan pinjaman modal usaha tanpa agunan dan bunga ringan.

Hal ini diungkapkan para pedagang kepada Relawan Bobby Nasution (Re-Born) saat kegiatan Jemput Aspirasi Pedagang yang dilakukan selama dua hari, Selasa (18/8/2020) dan Rabu (19/8/2020) di tiga lokasi pasar tradisional di kota Medan, yakni Pajak Sore Padang Bulan, Pajak Sentosa dan Pajak Simpang Limun.

“Hampir setiap pedagang yang kami temui, seluruh omset penjualan menurun. Dan berharap agar pemerintah bisa membuka keran pinjaman modal usaha. Kami siap mengambil langkah untuk berkoordinasi bila dibutuhkan,” terang Ketua Umum Re-Born, Suwarno, kepada Tata Berita, di Medan, Sabtu (22/8/2020).

Suwarno menambahkan, seperti di Pajak Sore Padang Bulan, para pedagang yang menjual kebutuhan alat tulis mengalami penurunan pendapatan drastis.

“Ketika pandemi Covid-19 terjadi, berefek dengan liburnya aktivitas belajar mengajar secara tatap muka. Inilah salah satu sebab menurunnya penjualan (alat tulis),” imbuh Ketua Umum DPP Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) ini.

Tindak lanjut temuan lapangan ini, ujar Suwarno, diharapkan bisa menjadi masukan bagi pasangan Calon Walikota/Wakil Walikota, Bobby Nasution-Aulia Rahman, untuk melakukan perbaikan pasar tradisional ke depan.

“Dengan begitu, diharapkan pedagang bisa memperoleh kesejahteraan. Pasar tradisional juga bisa bersaing dengan pusat perbelanjaan modern,” tandasnya.

Baca juga: Jemput Aspirasi Pedagang, Relawan Bobby: Tata Pasar, Jangan Tindas Pedagang

Jemput Aspirasi Pedagang ini merupakan program kerja Re-Born sekaligus memperingati perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

Turut hadir Penasehat Re-Born Susilo, Sekretaris Rahmad Harahap, Wakil Sekretaris Siswarno, Wakil Bendahara Romulo Sinaga dan Ketua Koordinator Wilayah Abu Bakar. (tb)