Saat 100 Tahun Merdeka Nanti, Penduduk Indonesia Capai 319 Juta Jiwa

Ilustrasi kepadatan penduduk (Foto Mediatataruang)

| Badan Pusat Statistik (BPS) membuat proyeksi Indonesia di tahun 2045, tepat 100 tahun Indonesia Merdeka. BPS memproyeksi jumlah penduduk di tahun 2045 adalah 319 juta jiwa.

Jumlah tersebut melonjak 52 juta jiwa dari jumlah saat ini 267 juta jiwa, atau naik 2.08 juta jiwa tiap tahunnya.

“Proyeksinya 319 juta jiwa, sekarang 267 jiwa. Naiknya luar biasa,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Jumat (14/2/2020), seperti dilansir dari Antara.

Suhariyanto mengatakan berdasarkan proyeksi tersebut, pemerintah harus memikirkan rencana dan kebijakan mengantisipasi lonjakan jumlah penduduk tersebut.

Mendukung kebijakan yang akan diambil pemerintah, menurut Suhariyanto, BPS melakukan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai Sabtu tanggal 25 Februari 2020.

Dari sensus yang dilakukan akan didapat data distribusi penduduk, rasio jenis kelamin (sex ratio), jumlah pemakaian listrik, konsumsi air ledeng, hingga perumahan.

Menurut Suhariyanto, data-data tersebut diperlukan pemerintah sebagai acuan dalam intervensi kebijakan agar tepat guna dan sasaran.

Selain itu, Suhariyanto mengatakan, BPS juga melakukan survey dengan mengambil 4,3 juta keluarga terkait proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2045.

“Survey dengan 90 pertanyaan untuk membuat proyeksi penduduk Indonesia. Ini penting karena kita perlu mengetahui dalam 100 tahun Indonesia Merdeka, kita harus memikirkan apa yang akan terjadi, harus dipikirkan dari sekarang,” katanya. (tb/at)