Sebelum Diumumkan Presiden Jokowi, Pasien Mengaku Tak Tahu Idap Virus Corona

Presiden Jokowi didampingi Menkes Agus Terawan saat umumkan pasien terjangkit Corona di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (2/3/2020) (Foto: detik.com)

|Salah seorang pasien kasus nomor 2 virus Corona (Covid-19) mengaku, ia sama sekali tak tahu dirinya terjangkit virus ini hingga akhirnya Presiden Joko Widodo mengumumkannya ke publik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) lalu.

Hal ini diungkapkannya saat wawancara khusus tim Kompas lewat sambungan telepon pada Selasa (3/3/2020).

“Nah, karena telanjur heboh, saya tanya ke dokter yang merujuk ke sini, dia bilang bahwa saya dan anak saya positif corona sambil bilang, ‘Enggak apa-apa, semua sudah ditangani kok’,” terang pasien kasus nomor 2.

Ia menceritakan, dirinya mulai dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso sejak 1 Maret 2020, setelah sebelumnya dirujuk dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok pada 29 Februari 2020.

“Sampai di sini (rumah sakit) pukul 02.00 pagi, jadi kami diisolasi,” ujarnya.

Setelah dirawat, pasien kasus nomor 2 ini melanjutkan, anaknya dihubungi salah seorang rekannya bahwa WN Jepang yang hadir di Kemang ternyata dinyatakan positif Corona di Malaysia.

“Nah, atas inisiatif saya, kami minta kepada dokter untuk dilakukan tes virus corona saja. Terus terang kami khawatir terhadap diri kami,” imbuhnya.

Pihak pemerintah membantah belum memberitahu kedua pasien, sebelum pengumuman Presiden Jokowi.

“Kalau tidak dikasih tahu, buat apa dimasukkan (ruang isolasi). Ini (informed consent) persetujuan untuk masuk ruang isolasi,” ujar Juru Bicara untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, Selasa (3/3/2020), seperti dilansir dari kompas.com. (tb/kc)