Sri Mulyani: THR dan Gaji ke-13 ASN Sedang Dikaji Pencairannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Antara)

| Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengaku pemerintah sedang mengkaji pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, saat ini pemerintah sedang prioritas Anggaran Belanja Negara untuk menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19).

“Kami bersama Presiden meminta kajian pembayaran THR dan gaji ke-13 apakah perlu dipertimbangkan lagi mengingat beban negara meningkat,” ujar Sri Mulyani saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi XI DPR secara virtual, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sri Mulyani melanjutkan, di saat tekanan di sisi pembelanjaan, penerimaan negara justru turun 10%.

“Penerimaan turun 10%, di sisi belanja kami alami tekanan. Langkah ini, masih dan sedang dilakukan, sidang kabinet akan lakukan langkah lain seperti tambahan bansos atau hemat belanja,” lanjutnya.

Menteri Keuangan mengatakan, kepastian pembayaran THR danĀ gaji ke-13 maupun penanggulangan COVID-19 akan terus disampaikan pemerintah kepada DPR.

“Kami sampaikan assessment dan prediksi, ini adalah outlook, basisnya skenario yang kita lihat berdasarkan asumsi yang kita kembangkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, seperti tahun lalu, pemberian THR pada PNS diberikan pada 24 Mei 2019.(tb)