Status Siaga Corona, Plt Walikota Medan Imbau Warga Shalat Jumat Berjamaah

Plt Walikota Medah, Ir Akhyar Nasution (Foto: Pemko Medan)

| Meski telah menetapkan status siaga darurat pencegahan virus Corona (Covid-19), Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution tetap mengimbau masyarakat melaksanakan ibadah salat Jumat berjamaah di masjid.

“Kepada masyarakat silahkan untuk melaksanakan ibadah di rumah ibadah. Tidak perlu panik dan diharapkan tetap tenang,” ujar Akhyar, di Balai Kota Medan, Kamis (19/3/2020).

Menurut Akhyar, di tengah kondisi wabah Corona (Covid-19), ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT perlu terus ditingkatkan. Ia pun meminta protokol kesehatan ketat.

“Bagi umat muslim salat Jumat secara berjamaah di masjid tetap dilakukan, namun harus dengan protokol kesehatan yang diperketat. Sudah semestinya kita lebih memperkuat keimanan bersama agar mudah melewati cobaan wabah corona virus ini,” imbuhnya.

Kendati demikian, Akhyar tak menganjurkan warga yang sedang tidak sehat melakukan ibadah secara berjamaah di rumah ibadah.

“Beribadah secara berjamaah berlaku hanya bagi warga yang sehat dan fit. Jika ada warga yang merasa dirinya tidak fit dan kurang sehat saya anjurkan untuk tetap beribadah di rumah masing-masing,” ujarnya.

Pemantauan penyebaran wabah corona, terang Akhyar, terus dilakukan dan bila sudah tak terkendali Pemko Medan akan meniadakan ibadah di rumah ibadah dan dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing.

“Kita akan pantau terus penyebaran wabah ini ke depannya. Jika penyebarannya tidak dapat dikendalikan lagi kemungkinan ibadah di rumah-rumah ibadah akan ditiadakan untuk sementara waktu dan warga kami anjurkan untuk beribadah di rumah masing-masing,” pungkasnya. (tb)