SUARA ARUS BAWAH: Pendapatan Turun Drastis, Minta Pemerintah Berikan Kepastian!

Pedagang pakaian bekas online, M Iqbal Nasution (Foto: TataBerita)

| Situasi tak menentu, akibat wabah dan penanganan wabah virus Corona (Covid-19), menghantam pendapatan ekonomi para pekerja sektor informal.

Seperti dialami seorang pedagang pakaian bekas daring (online), M Iqbal Nasution (27), yang mengaku pendapatannya turun drastis.

“Terasa lah, Bang. Nggak beraktivitas kita. Nggak (bisa) ke pajak-pajak, aktivitas online pun menurun. Menurun total, drastis. Hancurlah,” keluh Iqbal, kepada TataBerita, di Medan, Rabu (8/4/2020).

Menurut Iqbal, akibat kebijakan penutupan pasar, ia kesulitan mencari pakaian bekas untuk dipasarkan kembali secara daring.

“Sangat mengganggu. Pasar kan nggak dibuka lagi. Kita sulit cari barang,” ujarnya.

Meski begitu, di situasi sekarang ini, Iqbal bersyukur karena masih punya simpanan uang. Ia juga masih punya beberapa stok barang untuk dipasarkan.

“Untungnya, masih ada simpanan uang di ATM. Sikitlah, nggak banyak. Dan, masih ada barang yg masih layak dijual untuk menyambung hidup. Kita pun jualnya nggak harga normal lagi, dapat untung (sedikit) udah jual aja,” ujar Iqbal.

Iqbal berpendapat situasi tak menentu seperti sekarang ini, tak boleh berlarut lama. Ia berharap Pemerintah bertindak cepat dan memberikan kepastian ekonomi pada rakyat.

“Pemerintah gerak cepat lah untuk rakyat ini. Kita butuh kepastian,” pungkasnya. (tb)