Sukses Pulangkan Pekerja Migran, Walikota Tanjungbalai Diundang Bupati Asahan

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH (kanan) dan Bupati Asahan, H Surya Bsc (kiri), di Sekretariat GTPP Covid-19 Kabupaten Asahan, Kisaran, Rabu (3/6/2020) (Foto: Istimewa)

| Terkait rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memulangkan 184 orang pekerja migran warga Asahan dari Malaysia ke tanah air, Bupati Asahan H Surya BSc mengundang Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, untuk berbagi informasi dan pengalaman keberhasilan memulangkan pekerja migran warga Tanjungbalai beberapa waktu lalu.

“Maksud dari undangan kami ini kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai adalah untuk saling bertukar informasi dan bekerjasama tentang tata cara pemulangan pekerja migran yang telah dilakukan oleh kota Tanjungbalai,” terang H Surya BSc, dalam rapat lanjutan, di Sekretariat GTPP Covid-19 Kabupaten Asahan, Kisaran, Rabu (3/6/2020).

Tak lupa, Surya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan GTTP Covid-19 Kota Tanjungbalai membantu rencana pemulangan pekerja migran asal Asahan ini.

“Terima kasih atas kehadiran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai pada hari ini,” ucapnya.

Di lokasi sama, Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, mengatakan agar Pemkab Asahan terus berkoordinasi dan mempersiapkan kelengkapan administrasi di Indonesia maupun di Malaysia.

“Agar antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Tanjungbalai selalu melakukan koordinasi. Pemerintah Kabupaten Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan, baik itu administrasi di Negara kita Indonesia maupun di Negara Malaysia,” terang Syahrial.

Syahrial pun mengapresiasi niat Pemkab Asahan dan mendoakan agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

“Semoga niat dari Pemkab Asahan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, dalam hal kegiatan kemanusiaan ini, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan,” pungkasnya.

Dalam rapat lanjutan tersebut, turut hadir KSOP TBA Afrizal Tanjung, KKP Tanjungbalai Lisdawati, Perwakilan Imigrasi Tanjungbalai Imam Bahri, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh dan Sekda Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar.

Seperti diketahui, akibat kebijakan lockdown pandemi Covid-19 di Malaysia, Pemerintah Kota Tanjungbalai fasilitasi pemulangan 301 orang pekerja migran warga Tanjungbalai dari negeri jiran Malaysia.

Pemulangan dilakukan dalam dua gelombang, yakni 146 orang pada Senin (18/5/2020) dan 155 orang pada Kamis (21/5/2020) lalu. (tb)