Sumut Siaga Covid-19, Gubsu Bentuk Gugus Tugas

Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis. (Foto Pewarta)

 | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menetapkan status siaga darurat bencana non alam pandemi Virus Corona (Covid-19) di Sumatera Utara selama 14 hari ke depan, Selasa (17/03/2020).

Untuk mengantisipasi penyebaran pandemi tersebut, Gubsu juga telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 di bawah komando Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis.

Adapun sekretariat Gugus Tugas tersebut, berada di Kantor BPBD Provsu Jalan Medan Binjai KM. 10.3 dengan call center 0821-6490-2482 dan media center 0852-317-122.

Berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas, saat ini di Sumut, terdapat 75 orang yang akan dikategorikan sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Ada 75 orang prevalensi pasien yg akan diklasifikasikan menjadi ODP dan PDP, (namun) sampai hari ini Tim belum menerima hasil laboratorium dari Balitbangkes RI (positif/negatif)” ujar Riadil Akhir Lubis di Medan, Selasa (17/03/2020), seperti dilansir dari rilis resmi.

Lebih lanjut, Riadil menyatakan, saat ini ada 9 orang PDP yang sedang dirawat di RSUP Adam Malik, dan 1 orang yang akan masuk ke RSUP Adam Malik, dan 1 orang PDP yang dirawat di RS USU.

“Jadi total PDP per 17 Maret, ada 11 orang,” ujar Riadil.

Riadil juga menyatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan RSUD, RSU Swasta, RSU PTP, RS TNI/Polri di Kabupaten/Kota sedang untuk menyiapkan 330 kamar isolasi. Sampai dengan Mei 2020, kamar isolasi tersebut dicadangkan sebanyak 1000 kamar.

Pihaknya juga menyatakan sedang menyiapkan sumber daya manusia (SDM), peralatan alat pelindung diri (APD), pengukur suhu, handsanitazier, dan peralatan lain yang dibutuhkan. (tb)