Sumut Urutan 3 Terbawah dalam Kemerdekaan Pers

MEDAN, TataBerita.com | Data Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2019 menyebutkan, Sumatera Utara berada pada urutan 32 secara nasional, turun 2 peringkat dibanding tahun 2018. Sumatera Utara berada diatas Lampung dan Papua.

Demikian dikatakan anggota Dewan Pers Agung Dharmajaya dalam Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers Tahun 2019 di Medan, Rabu (11/12/2019).

“IKP Sumut ini termasuk sedang. Secara umum pers di Sumut dapat dikategorikan agak bebas. Untuk itu perlu pembenahan pers yang lebih merdeka di sini, seperti meningkatkan SDM jurnalisnya,” katanya.

Ia menjelaskan, Dewan Pers masih banyak menemukan adanya pihak yang mengeluhkan kinerja jurnalis. Keluhan tersebut, katanya, terkait cara kerja dan produk jurnalistik yang dihasilkannya.

“Ada juga jurnalis yang tidak tidak tahu UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun mengatakan, meski IPK 2019 di Sumut mengalami penurunan, namun angka IPK Sumut naik 3,29% dari 65,54% menjadi 68,83%.

“Ada tiga rekomendasi IKP yang diberikan, yaitu independensi pers dari kelompok kepentingan kuat, kesejahteraan jurnalis dan kesetaraan akses bagi kelompok rentan,” jelasnya.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Rizal R Surya mengatakan, media juga berperan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban yang kondusif.

“Jika ini dikelola dengan baik maka akan mendukung pembangunan. Bisa juga menjadi penghambat yang menjadi sumber konflik,” pungkasnya. [***]