Supervisi KPK: Kejari Dairi Tetapkan 3 Tersangka Korupsi, 1 Anggota DPRD Sumut

Ilustrasi Gedung KPK.

| Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara akhirnya membuahkan hasil dengan ditetapkannya tiga tersangka korupsi, yakni AST, EM dan JS. Salah satu dari tiga tersangka adalah anggota aktif DPRD Sumut, AST, dari Fraksi PDIP.

“Antara lain tersangkanya adalah AST ini merupakan anggota DPRD Sumut ya, saat ini dari PDIP, kemudian EM dan JS,” terang Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, di kantornya, Jl Kuningan Persada Jakarta, Kamis (12/3/2020), seperti dilansir dari detiknews.

Dalam keterangan persnya, Ali Fikri menerangkan KPK melakukan Kegiatan Koordinasi dan Supervisi Perkara perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Perluasan Sawah/Cetak Sawah Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Dairi TA. 2011 di Desa Simungun Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi.

“Kemudian KPK lakukan supervisi terkait dengan pengembangan perkara, setelah dilakukan gelar perkara bersama antara Kejaksaan Negeri Dairi, KPK dan Kejati Sumut dan Kejaksaan Agung. Maka ditetapkan oleh Kejari Dairi 3 orang tersangka baru dari pengembangan perkara itu,” ujarnya.

Ali menyebutkan kasus korupsi ini menyebabkan kerugian negara senilai Rp 567 juta. (tb/dn)