Terkait Corona, Yayasan KKSP Medan: Tolong, Pemerintah Beri Informasi Utuh!

Yayasan KKSP Medan (Foto: Istimewa)

| Di tengah situasi pandemi Corona (Covid-19), pemerintah dari seluruh lini diharapkan bisa memberi informasi dan edukasi utuh terkait virus dan dampak Corona (Covid-19). Hal ini dikatakan Manajer Operasional Yayasan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP) Indonesia, Syamsul, di Medan, Sabtu (11/4/2020).

“Orang-orang sekarang ini sangat sensitif, ada yang batuk saja langsung menghindar. Tolong pemerintah beri informasi detil dan penanganan secara tepat. Sampaikan secara utuh, tidak sepotong-potong,” ujar Syamsul kepada TataBerita.

Menurut Syamsul, hari ini pemerintah lebih sering memberi informasi menakutkan. Hal ini, katanya, justru kontra-produktif dengan program edukasi bencana, khususnya kepada anak-anak.

“Selama ini, informasinya kan menakutkan. Mati sekian, positif sekian. Pemerintah lebih bijaksanalah. Sekarang, anak kecil pun di antara mereka saling menjauhi. Mereka sudah saling tuduh temannya kena corona, padahal hanya batuk sedikit. Ini kan nggak baik, kalau terus-menerus ditanamkan di kepala mereka, tak baik buat masa depan mereka,” imbuhnya.

Saat ini, ujar Syamsul, pemerintah perlu menguatkan aspek pendataan wilayah penyebaran dan pemetaan sosial.

“Pemerintah perlu memastikan pendataan, terutama wilayah pandemiknya. Juga, peta sosial terkait pembagian stok pangan. Karena di lapangan, seperti pembagian sembako di Medan, tidak semua dapat. Yang dapat (sembako) hanya yang dikenal Kepling nya saja,” pungkasnya. (tb)