Terkait Covid-19, Anggota DPRDSU: Kinerja Pemprovsu Sebatas Imbauan, Bantuan Sebaiknya Uang Tunai

Anggota DPRD Sumut Fraksi Nasdem, Ricky Anthony (Foto: Istimewa)

| Terkait wabah virus Corona (Covid-19), penanganan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) belum berdampak nyata pada masyarakat. Kinerja Pemprovsu pun cuma sebatas imbauan saja.

Hal ini diutarakan anggota DPRD Sumut, Ricky Anthony, sebagaimana hasil pengamatan yang ia lakukan di lapangan.

“Hasil pengamatan di lapangan, masyarakat belum merasakan dampak nyata hasil kerja Pemprov Sumut. Kinerjanya hanya sebatas imbauan agar berdiam diri di rumah saja. Sementara, banyak masyarakat kini kehilangan penghasilan bahkan kehilangan pekerjaan,” ujar anggota Fraksi Nasdem ini kepada wartawan, di Medan, Minggu (3/5/2020).

Ricky juga meminta agar bantuan kepada masyarakat terdampak wabah virus Corona (Covid-19), sebaiknya dilakukan sistem transfer uang tunai. Menurutnya, selain bermanfaat langsung, ini juga memudahkan upaya pengawasan penyaluran bantuan tersebut.

“Jika bantuan kepada masyarakat berbentuk uang tunai dengan sistem transfer, pengawasan akan mudah dilakukan. Masyarakat dapat menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing masing. Karena merekalah yang paling mengetahui apa kebutuhannya,” terangnya.

Selain itu, menurut Ricky, sistem transfer uang tunai ini akan lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan penyaluran sembako.

“Sistem transfer (tunai) tidak akan habis waktu dan biaya lagi untuk melakukan pengadaan sembako juga proses distribusinya,” tegasnya. (tb)