Tes Corona, Resmikan Lab PCR RS USU, Gubsu Edy: Ini Satu-Satunya Di Sumut!

Prof Runtung Sitepu, Baskami Ginting, Edy Rahmayadi (dari ki-ka) mendengarkan presentasi dari Kepala Lab RS USU, dr Dewi Indah Siregar, tentang alat PCR, RS USU Kampus USU Medan, Jumat (17/4/2020) (Foto: Istimewa)

| Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengatakan Laboratorium SWAB menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang ada di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU), Jl dr Mansyur Kampus USU Medan, adalah satu-satunya di Sumut dan berguna memperjelas status terinfeksi virus Corona (Covid-19) s

“Hari ini kita buka, berarti sudah bisa kita umumkan kondisi orang yang kita cek. Satu satunya di Sumut di RS USU ini. Sehingga ada kejelasan (status positif atau negatif-red), ini kan kita ambil singkat waktu. Apabila dinyatakan ini positif, dia akan kita isolasi,” ujar Gubsu Edy saat meresmikan Lab SWAB RS USU, Jumat (17/4/2020) pagi.

Gubsu Edy mengakui, sejauh ini penentuan status pasien tidak maksimal, sebab mesti menunggu waktu lama.

“Selama ini, kita menggunakan rapid test, dua kali rapid test. Baik itu PDP yang ada tanda terkena virus maupun yang tidak. Pada hari ini, Jumat (17/4/2020), real time PCR yang kita resmikan pagi ini, mulai kita buka,” imbuhnya.

Dalam peresmian tersebut, tampak Gubsu Edy Rahmayadi datang bersama Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, dan diterima Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, beserta jajaran. (tb)