Tes Psikologi Seleksi Jabatan Pemko Medan, Akhyar Ingatkan Peserta Utamakan Kejujuran

Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat meninjau langsung lokasi tes di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (20/7/2020) (Foto: Humas)

| Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution, mengingatkan para peserta ujian tes psikologi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengutamakan nilai kejujuran.

“Saya tidak ada pesan khusus kepada siapapun, agar ada nilai kejujuran diantara kita. Artinya, saya tidak ada arahan atau pun titipan kepada siapapun, sehingga melalui assessment ini yang muncul adalah kepribadian sendiri, untuk itu jangan percaya ada arahan ini-ini,” ujar Akhyar saat meninjau langsung lokasi tes di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (20/7/2020).

Akhyar pun meminta Panitia Seleksi (Pansel) dan USU memastikan proses seleksi ini dilakukan secara objektif.

“Saya minta kepada Pansel dan USU agar tes ini dilakukan secara objektif. Sebab proses ini merupakan kesempatan kepada semua pejabat aparatur Pemko Medan yang ingin dapat jabatan tinggi pratama, oleh karenanya digelar secara terbuka dan tampilkanlah kemampuan diri masing-masing,” imbuhnya.

Kepada para peserta, Akhyar pun memberikan motivasi untuk tetap jujur mengikuti proses seleksi pejabat tinggi di Pemko Medan tersebut.

“Kita akan membuat seleksi ini fair, kita akan bangun budaya-budaya jujur, siapkan diri saudara-saudara sekalian, siapkan stamina karena seleksi ini akan memakan waktu 1 hari penuh dan tetap lah percaya diri. Insya Allah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha,” tegasnya.

Sementara itu, selaku Ketua Pansel, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM menerangkan, tes ini merupakan tahap kedua. Setelahnya, dilanjutkan ke wawancara dan persentase makalah untuk memperoleh 3 nama dan diteruskan ke Walikota.

“Setelah tahapan demi tahapan dilalui, Pansel akan merekomendasikan 3 nama untuk masing-masing jabatan kepada Plt Walikota Medan dan menjadi hak prerogatif Plt Walikota untuk ketiga nama tersebut. Selain itu nama-nama yang direkomendasikan juga akan diteruskan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” jelas Wiriya.

Diketahui, sebanyak 52 Aparatur Sipil Negera (ASN) Pejabat Eselon III di Lingkungan Pemko Medan mengikuti test psikologi ini.

Adapun lima jabatan tinggi yang hendak diisi adalah Asisten Pemerintahan dan Sosial Sekretariat Daerah Kota Medan, Sekretaris DPRD Medan, Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan. (tb)