Tiga Peserta Terbaik di Satu Formasi, Ujian CPNS Kemendikbud Diikuti 40 Ribu Peserta

Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (Foto NET)

Jakarta, TataBerita | Sekitar 40 ribu orang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk mengisi 2.196 formasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tiga peserta terbaik untuk satu formasi, akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

“Pelaksanaan SKD CPNS dimulai pada 1 Februari hingga 6 Maret 2020,” kata Hanjar Basuki, Panitia Pelaksana SKD Kemendikbud di Kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Hanjar juga menerangkan bahwa SKD dibagi menjadi dua, yakni SKD yang difasilitasi oleh BKN dan SKD mandiri yang difasilitasi oleh perguruan tinggi di 7 provinsi.

“Pelaksanaan SKD mandiri ada di 7 tujuh provinsi, yaitu Jawa Barat di Institut Teknologi Bandung, Yogyakarta di Universitas Negeri Yogyakarta, Sumatra Utara di Universitas Sumatera Utara, Sumatra Barat di Universitas Negeri Padang, Jawa Timur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jawa Tengah di UNNES (Universitas Negeri Semarang), dan Nusa Tenggara Timur di Universitas Nusa Cendana,” ujar Hanjar.

Tahap seleksi selanjutnya setelah SKD adalah seleksi kompetensi bidang (SKB). Bagi peserta yang memiliki nilai SKD di atas ambang batas bisa mengikuti SKB dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Sesuai peraturan, hanya diambil 3 kali formasi. Misalnya, formasinya cuma 1, maka yang dipanggil untuk mengikuti SKB hanya 3 orang yang nilainya tertinggi. Kalau formasinya 2, maka yang diundang mengikuti SKB adalah 6 orang dengan nilai tertinggi,” kata Hanjar. (tb)