Tips Hindari WA Disadap

Tampilan Pindai Barcode Whatsapp Web (Foto: Net)

Medan, TataBerita.com | Kecanggihan perangkat teknologi, selain menguntungkan juga sering disalahgunakan. Penyalahgunaan teknologi dalam berbagai bentuk, sekedar iseng sampai kriminal seperti pemerasan. Menyadap aplikasi WhatsApp (WA) milik orang lain, contohnya.

Menyadap dengan mengintip chat WA orang lain memungkinkan dengan sejumlah aplikasi seluler pintar. Meski tujuan awal aplikasi tersebut baik, penyalahgunaan fungsi tak bisa dihindarkan.

Paling tidak, ada 3 aplikasi yang bisa disalahgunakan memata-matai percakapan pribadi WA orang lain. Pertama, WhatsApp Web yaitu aplikasi kloning WA yang memungkinkan pengguna mengakses WA dari dua perangkat berbeda, komputer dan seluler. Memindai barcode di layar komputer membuatnya dapat mengakses percakapan WA.

Kedua, Mobile Client for WhatsApp yang cara kerjanya serupa WhatsApp Web. Aplikasi ini bisa diunduh di layanan penyedia aplikasi. Ketiga, Clone App yang juga cara kerjanya sama dengan kedua aplikasi sebelumnya.

Penyalahgunaan aplikasi-aplikasi ini bisa terjadi bila ada kontak fisik dengan seluler target. Seluler target memindai barcode yang disediakan aplikasi.

Pencegahan dini bisa dilakukan dari pemilik seluler. Tidak sembarangan memindai barcode dan meninggalkan seluler aktif pada orang tertentu bisa dilakukan. Aktivasi password di aplikasi WA juga penting. Setelah aktif, jangan bagikan password sembarangan. (tb/bs)