Trump Selamat dari Pemakzulan, Demokrat Tuding Republik Rekayasa Senat

Presiden Amerika Serika ke-45, Donald Trump (Foto abc.net.au)

Washington, TataBerita | Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akhirnya selamat dari upaya pemakzulan. Menanggapi hasil keputusan yang dibuat oleh sidang senat AS itu, Partai Demokrat, rival politik Trump, menuding Trump melakukan rekayasa di Senat, sebagaimana dilansir dari CNBC Indonesia.

Dalam pungutan suara yang dilakukan oleh Senat AS, Rabu (5/2/20202) Trump yang didukung oleh Partai Republik ini, mengantongi lebih dari 50% suara yang memenangkan dirinya. Atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, 52 suara menyatakan Trump tak bersalah, hanya 48 suara yang menerima dakwaan tersebut.

Demikian juga terhadap dakwaan upaya menghalangi kongres (obstruksi), sebanyak 53 suara menolak dan selebihnya sebanyak 47 suara yang menyatakan Trump bersalah.

Menyambut keputusan ini, Trump langsung berkomentar di akun twitternya, “Saya akan membuat pernyataan besok siang di Gedung Putih, tentang kemenangan negara atas hoaks pemakzulan!”

Lawan politik Trump, Partai Demokrat, yang menguasai DPR AS, menuduh Trump dan Partai Republik telah merekayasa Senat. Demokrat menuding banyak kepalsuan yang terjadi di persidangan dan banyak fakta yang tidak diungkap.

“Tak diragukan lagi Presiden pasti menyombongkan diri atas pembebasan total ini,” kata politisi Demokrat Chuck Schumer. (tb/cnbci)