Tuntaskan Janjinya Ke Warga, Walikota Tanjungbalai Jemput 133 Orang Pekerja Migran

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH (tengah, baju putih) bersama Forkopimda menyambut kepulangan PMI di pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Rabu (17/6/2020) malam (Foto: Istimewa)

| Walikota Tanjungbalai (Sumatera Utara), HM Syahrial SH MH, menuntaskan janjinya menjemput pulang para Pekerja Migran Indonesia (PMI) warga Tanjungbalai yang terkena dampak pandemi Covid-19 di negara jiran Malaysia.

Sebanyak 133 orang PMI warga Tanjungbalai, dijemput pulang dari Port Klang Selangor Malaysia dan tiba menggunakan Kapal Ferry Pasific Jet Star I di pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai pada Rabu (17/6/2020) malam.

“Alhamdulillah, hari ini 133 warga kita sudah tiba di Kota Tanjungbalai dari Malaysia dengan selamat dan semua proses berjalan dengan lancar,” ucap Syahrial saat menyambut kepulangan PMI di pelabuhan Teluk Nibung, Rabu (17/6/2020) malam.

Pemulangan tahap ketiga ini, terdiri dari 74 orang laki-laki dan 59 orang perempuan, dan ini adalah pemulangan terakhir.

“Kepulangan 133 PMI asal Tanjungbalai yang terdiri dari laki laki sebanyak 74 orang dan perempuan 59 orang ini merupakan pemulangan tahap III dari tiga tahap pemulangan yang direncanakan,” imbuh Syahrial.

Walikota pun mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu pemulangan PMI warga Tanjungbalai ini.

“Pemko Tanjungbalai mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan semua pihak yang membantu pemulangan warga kita ini, khususnya kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Laut, KBRI di Malaysia, Diaspora Indonesia di Malaysia, Pemprov Sumatera Utara, dan pihak terkait lainnya kiranya apa yang kita lakukan saat ini diridhoi Allah SWT,” ujar Syahrial.

Syahrial juga menyampaikan ucapan selamat tiba di tanah air kepada para PMI.

“Terakhir, saya ucapkan selamat berkumpul bersama keluarga kepada seluruh saudara saudara saya yang baru tiba di Kota Tanjungbalai, sampaikan salam hangat kami buat keluarga sekalian,” pungkasnya.

Para PMI yang baru tiba, langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan dan rapid test Covid-19 untuk selanjutnya dibawa ke Karantina Kesehatan GOR Mini Kota Tanjungbalai.

Turut hadir menyambut kepulangan PMI warga Tanjungbalai, Danlanal TBA Letkol Laut(P) Dafris, Dandim 0208/AS diwakili Pabung Mayor Inf Indra Bakti, Kapolres Tanjungbalai diwakili Kapolsek Pulau Buaya AKP Simamora, Kepala KSOP Tanjungbalai Afrizal Tanjung serta jajaran OPD Pemko Tanjungbalai.

Seperti diketahui, pemulangan PMI ini merupakan janji Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH kepada warganya yang terkena dampak kebijakan lockdown pandemi Covid-19 negara Malaysia.

Sebelumnya, telah dilakukan dua gelombang penjemputan PMI, yakni 146 orang pada Senin (18/5/2020) dan 155 orang pada Kamis (21/5/2020) lalu. (tb)