Warga Binaan Mengamuk, Rutan Kabanjahe Rusuh dan Kebakaran

Kerusuhan dan kebakaran di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumut, Rabu (12/2/2020) (Foto: Istimewa)

| Kerusuhan berlanjut kebakaran terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Jl Bhayangkara, Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumut, Rabu siang (12/2/2020). Menurut informasi beredar, kejadian diawali aksi pelemparan batu warga binaan kepada petugas sipir Rutan Kabanjahe.

“Iya, benar (terjadi kerusuhan dan kebakaran di Rutan Kabanjahe), ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo,” terang Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut), Josua Ginting, kepada para wartawan.

Joshua mengaku, belum bisa memastikan penyebab kerusuhan dan kebakaran. Ia juga belum bisa memberi infromasi terkait korban jiwa maupun warga binaan yang melarikan diri dalam peristiwa ini.

“Nanti sampai di lokasi dan sudah kita dapatkan datanya, akan disampaikan kepada rekan-rekan media,” ujarnya.

Dari informasi beredar, ada dugaan dua hal penyebab kerusuhan dan kebakaran, yang diawali aksi pelemparan batu terjadi.

Informasi pertama, para warga binaan tidak terima aksi razia telepon seluler yang dilakukan petugas Rutan Kabanjahe. Para warga binaan lalu melempari petugas Rutan dengan batu dan membakar kamar tahanan.

Informasi kedua, para warga binaan kesal dan marah karena salah seorang rekan sesama warga binaan dirantai berhari-hari di ruang khusus oleh sipir Rutan.

Sampai berita ini disiarkan, ratusan petugas dari TNI/Polri diperbantukan untuk mengamankan lokasi kejadian. Situasi telah dikendalikan, para warga binaan sudah dievakuasi ke lokasi aman. (tb)