Warga Medan Mengeluh Bantuan Covid-19 dan Buruknya Tata Kelola Lingkungan

Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan, Robi Barus, saat Reses III Masa Sidang III Tahun 2020 Gelombang I, di Jl Laboratorium Medan Barat, Sabtu (29/8/2020) (Foto: Istimewa)

| Warga kota Medan yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) I mengeluhkan bantuan sosial Covid-19 Pemerintah Kota (Pemko) Medan. Selain itu, perwakilan warga dari Kecamatan Medan Barat, Kecamatan Helvetia, Kecamatan Medan Baru dan Kecamatan Medan Petisah ini juga mengeluhkan tata kelola infrastruktur di  lingkungan mereka.

Hal ini diungkapkan warga saat Reses III Masa Sidang III Tahun 2020 Gelombang I, anggota DPRD Medan, Robi Barus, di Jl Laboratorium Medan Barat, Sabtu (29/8/2020).

“Bagaimana mendapatkan bantuan program Covid-19 ini, untuk beras saja tidak dapat. Kami sudah tanya sama Lurah, tapi diarahkan ke Dinas Sosial. Jawaban dari dinas, katanya di pusat, tidak mungkin kami ke Jakarta menanyakan ini. Tolong bapak bantu kami,” keluh seorang warga, Hiras Siagian, kepada Robi Barus.

Sama halnya, seperti dialami Ida br Siringoringo yang hingga kini belum pernah menerima bantuan sosial Covid-19.

“Padahal, saya janda yang untuk makan sehari-hari saja sulit,” beber Ida.

Selain keluhan terkait bantuan Covid-19, warga juga mengeluhkan tata kelola Pemko Medan dalam hal drainase, lampu jalan, sampah dan izin pendirian bangunan.

“Di tempat tinggal kami, Karang Berombak, sampah milik warga yang tidak mampu jarang diangkut sementara yang mapan selalu diangkut. Ini kenapa bisa terjadi,” keluh Risma.

Terkait drainase, lampu jalan, sampah dan izin pendirian bangunan, Sekretaris Camat Medan Barat, Baharuddin, yang turut hadir mengatakan, pihaknya akan menurunkan tim untuk memeriksa langsung di lapangan.

Menanggapi hal tersebut, Robi Barus mendesak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan untuk segera menuntaskan permasalahan tersebut.

“Untuk Covid-19, saya Ketua Pansus Covid-19 yang pertama membentuk semuanya tidak terlepas karena timbulnya berbagai persoalan mulai bantuan dan hal lainnya. Kami sudah undang Plt Walikota, tapi tidak pernah hadir,” terang Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan ini.

Baca juga: Zona Merah Covid-19 & Minim APD Di Medan, Petugas Puskesmas Cuci Ulang Baju Pelindung

Selain itu, Robi juga meminta warga membuat pengaduan ke posko Robi Barus Center agar keluhan warga ditabulasi untuk disampaikan di Rapat Paripurna Laporan Reses Anggota DPRD Medan.

“Silakan buat pengaduan ke posko Robi Barus Center, nanti kita akan mencoba melakukan komunikasi agar bisa menemukan solusi tuntas. Termasuk untuk berbagai bantuan Covid-19 ini dan anak sekolah tersebut,” tandasnya. (tb)