Warga Terkena Stroke Terkendala Akses BPJS Kesehatan, Bobby Nasution Siap Bantu

Ertidewi bersama Syarifuddin saat dikunjungi Bobby Nasution di rumah abang iparnya, Jl Pinang Baris Medan Sunggal, Selasa (22/9/2020) malam (Foto: Istimewa)

| Muhammad Bobby Afif Nasution menegaskan, dirinya siap membantu kendala akses pelayanan BPJS Kesehatan yang dialami penderita stroke warga Sunggal Medan, Syarifuddin Maulana.

Hal ini diungkapkan Bobby Nasution saat mengunjungi sekaligus memberi bantuan kepada keluarga Syarifuddin, di Jl Pinang Baris Medan Sunggal, Selasa (22/9/2020) malam.

“Apa yang kira-kira menjadi kendala keluarga ini, mudah-mudahan kami bisa membantu. Mungkin, bukan serta merta menjadi solusi permasalahan, tapi mungkin ada sedikit bantuan yang kami berikan yang bisa dimanfaatkan keluarga pak Syarifuddin,” ucap Bobby Nasution.

Kepada istri Syarifuddin, Ertidewi, Bobby meminta tetap bersabar. Bobby berjanji akan mendatangkan tim medis untuk memeriksa langsung kondisi kesehatan Syarifuddin.

“Selain itu, (kami) akan memeriksa masalah BPJS Kesehatan Syarifuddin yang tidak bisa digunakan tersebut,” tegas Calon Walikota Medan tersebut.

Sementara itu, Ertidewi istri Syarifuddin, menerangkan, suaminya kena serangan stroke sejak 6 bulan lalu. Kini, ia dan keluarganya terpaksa tinggal menumpang di rumah abang iparnya.

“Karena kondisi (keuangan) tidak mencukupi, Bapak (Syarifuddin) baru bulan lalu dibawa berobat. Tapi tidak bisa ditanggung BPJS (Kesehatan), makanya kami pulang,” terang Ertidewi kepada Bobby.

Ertidewi menambahkan, saat berobat ke rumah sakit, data Syarifuddin tak terdaftar dalam sistem BPJS Kesehatan.

“Kata rumah sakit, datanya ganda. Sudah ada orang lain yang memakai nomor KK (Kartu Keluarga) kami atas nama Syarifuddin. Padahal BPJS saya dan anak-anak masih aktif semua, hanya bapak (Syarifuddin) yang tidak bisa menggunakan BPJS ini,” sesalnya.

Perempuan tamatan Sekolah Dasar ini, pernah menanyakan ke pihak Kelurahan Lalang mengenai kejanggalan ini.

“Jawaban staf kelurahan tidak memuaskan. Mereka bilang memang sering terjadi hal-hal seperti itu. Rata-rata yang mengurus KTP tembak (ilegal-red), dengan mengambil data Bapak,” ucapnya sedih.

Baca juga: Terjun Ke Politik Karena Panggilan Hati, Bobby Tawarkan Konsep Kolaborasi

Kini, perempuan yang mencari penghasilan ekonomi dari usaha catering (makanan) ini, terpaksa menghabiskan waktu mengurus suami dan anak bungsunya yang alami keterbelakangan mental selama 17 tahun.

“Beginilah, mereka berdua tidur di sini (ruang depan-red). Saya yang menjaga, kalau lagi ada catering dibantu jaga oleh adik yang juga tinggal disini,” tandasnya.

Dalam kunjungan dan pemberian bantuan ini, Bobby Nasution didampingi tokoh pemuda Sumatera Utara sekaligus Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby-Aulia, Sugiat Santoso. (tb)